Filosofi Batik Nogosari dalam Upacara Mitoni

0 49

Batik sendiri adalah identitas dari sang pemakainya. Inilah yang menyebabkan munculnya berbagai ragam gambar yang berbeda-beda menurut penggunaan dan pemakainya. Saat pembuatannya, gambar diciptakan dengan harapan membawa berkah serta keberuntungan bagi sang pemakai serta menjadi simbol jati diri sang pemakai.

Dalam tradisi Jawa, saat calon ibu menginjak usia kehamilan tujuh bulan, maka akan digelar acara tujuh bulanan. Salah satu hal yang dilakukan dalam upacara yang diebut Mitoni itu, calon ibu harus mencoba tujuh kebaya dan tujuh kain batik.

Batik yang digunakan juga bukan sembarang batik. Tiap kain batik memiliki nilai filosofi tinggi yang juga sebagai untaian dan dan pengharapan pada Maha Kuasa, agar menjadikan bayi yang dilahirkan memiliki kepribadian yang baik.

Salah satu batik yang digunakan yaitu Nogo Sari, makna yang terkandung adalah nogosari nama sejenis pohon, motif batik ini melambangkan kesuburan dan kemakmuran.

Source http://akucintanusantaraku.blogspot.co.id/2014/01/motif-batik-dan-filosofinya-nogo-gini.html http://akucintanusantaraku.blogspot.co.id

Leave A Reply

Your email address will not be published.