Filosofi Batik Nogogini dalam Upacara Pernikahan

0 39

Pada pernikahan adat Jawa kain batik selalu digunakan dalam setiap rangkaian upacaranya. Batik sendiri adalah identitas dari sang pemakainya. Inilah yang menyebabkan munculnya berbagai ragam gambar yang berbeda-beda menurut penggunaan dan pemakainya.

Saat pembuatannya, gambar diciptakan dengan harapan membawa berkah serta keberuntungan bagi sang pemakai serta menjadi simbol jati diri sang pemakai. Beda dengan kita yang menganggap batik ini bagus coraknya batik itu tidak enak dipandang dan lain-lain. Oleh karena itu dalam prosesi pernikahan adat Jawa pun batik yang dipakai dalam setiap rangkaian upacaranya pun tidak boleh sembarangan untuk menentukannya.

Salah satunya yaitu batik motif Nogo Gini, batik ini digunakan pada saat Upacara temanten Jawa (Gandeng temanten). Filosofi yang ada di dalam batik ini ialah, apabila memakai kain tersebut kepada pengantin akan mendapatkan barokah (rezeki).

Source http://tirasenna.blogspot.co.id/2015/12/yuk-kenali-motif-dan-makna-kain-batik.html http://tirasenna.blogspot.co.id

Leave A Reply

Your email address will not be published.