Festival Pertunjukan Seni Topeng, Istana Mangkunegaran Solo

0 72

Om Swatiastu, Namo Buddaya, lagi-lagi kata “Festival” menjadi sebuah label yang kekinian dalam berbagai acara seni budaya di Indonesia, ya salah satunya International Mask Festival (IMF) 2018 yang merupakan sebuah festival pertunjukan seni topeng berskala International yang diadakan di Pendopo Prangwedanan Istana Mangkunegaran Solo, melalui Dance Performance, International Seminar, Mask Painting Workshop dan Exhibition.

International Mask Festival (IMF) 2018 akan di adakan pada tanggal 26-27 Oktober  dengan mengusung tema ‘’Wonderful Mask Indonesia’’. Tema ini sengaja diusung karena menyesuaikan dengan spirit topeng dan juga lokasi penyelenggaraannya.Ketika keberadaan topeng ini menyatu dalam tempat yang mengandung nilai sejarah tinggi maka yang terbayang bukan sekadar ekspresi tapi juga imajinasi yang mengagumkan. Seperti diketahui topeng adalah artefak seni yang sudah dikenal manusia sejak zaman pra-sejarah, artinya dimungkinkan topeng adalah salah satu bentuk ekpresi manusia paling tua yang pernah ada.Dengan usianya yang telah menembus batas maka topeng dimungkinkan memiliki nilai magis.

Maka tak heran jika dibalik ekpresi topeng yang ada hingga sekarang tetap saja akan memunculkan pula daya imajinasi tersendiri. International Mask Festival (IMF) 2018 diselenggarakan oleh SIPA Community, ASGA (Akademi Seni Mangkunegaran) dan Komunitas Tujuh Warna. Dulu festival ini bernama Indonesia International Mask Festival (IIMF), dimana penggagas pertama kali acara ini adalah Dra. R. Ay. Irawati Kusumosasri M.Sn pada tahun 2014 yang mendapat dukungan dari Kementrian Pariwisata Indonesia.

Dalam perkembangan jamannya acara IIMF ini menjadi International Mask Festival (IMF). Gagasannya dulu festival ini tidak hanya diselenggarakan di Solo saja tetapi juga di kota-kota di Indonesia lainnnya seperti, Yogyakarta, Malang, Denpasar dan Jakarta.International Mask Festival (IMF) 2018 kali ini diikuti oleh peserta dari kota-kota besar di Indonesia seperti, Jakarta, Bandung, Pati, Trenggalek, Surabaya, Timor Leste, selain itu juga diikuti negara-negara manca negara seperti, Malaysia, Mexico, Hungay, Slavakia, Japan dan Spain Yang pasti festival kali ini akan beda dengan event yang sudah diselenggarakan tahun-tahun lalu, dan pastinya festival akan akan lebih asik dan heboh untuk diikuti.

Makanya diharapkan kehadirannya di Festival ini. International Mask Festival (IMF) 2018 diselenggarakan dengan tujuan untuk edukasi tentang apresiasi seni bagi masyarakat. Sekaligus untuk sarana menjaga nilai dari kehidupan seni sebagai bagian dari kehidupan budaya yang menjadi karakter bangsa. Membuka peluang menjadi industri kreatif di sub sektor seni pertunjukan dan menjadi destinasi wisata berbasis seni budaya, ujar Dra. R. Ay. Irawati Kusumosasri M.Sn.

Source https://myimage.id https://myimage.id/international-mask-festival/
Comments
Loading...