Festival Memeden Gadhu, Tradisi dari Kecamatan Bangsri Jepara

0 356

Festival Memeden Gadhu (F.M.G) dalam Bahasa Indonesia berarti Festival Hantu Gadhu adalah suatu tradisi lama dari petani-petani kuno di Jepara tepatnya Kecamatan Bangsri. Festival ini diadakan di Desa Kepuk kecamatan Bangsri kabupaten Jepara. Festival Memeden Gadhu rutin digelar setiap Jumat Wage bulan Apit penanggalan Jawa, atau bulan Dzulkaidah penanggalan Hijriyah.

Istilah memedi gadu muncul karena memedi sawah ini muncul di luar musim tanam padi (yang disebut gadu). Karena musim tanam tidak bersamaan, maka pemilik sawah membuat memedi sawah gadu yang disingkat memedu. Dari sinilah muncul istilah memedi gadu atau memeden gadu.

Festival Memeden Gadu merupakan acara sedekah bumi warga, sebagai ungkapan rasa syukur pada apa yang telah diberikan bumi pada para petani. Festival Memeden Gadu ini bukan hanya sebagai pegingat tradisi masa lalu tetapi juga nostalgia lomba tradisi tempo dulu. Hal ini dilatarbelakangi karena sudah banyak jenis dolanan anak jaman dulu yang sudah banyak menghilang.

Anak jaman sekarang sudah tidak banyak mengenal dolanan-dolanan lawas yang pernah dimainkan kala kecil dulu seperti gobag sodor, setinan, egrang, dakonan, dan lain sebagainya

Source https://id.wikipedia.org/wiki/Festival_Memeden_Gadhu id.wikipedia.org
Comments
Loading...