Festival Budaya Usik Penca Silat Sukabumi

0 32

Gelaran Festival Usik, Penca silat “Bupati Cup” tahun 2017 di Venue GOR Tinju Palabuhanratu, Jawa barat, resmi ditutup oleh Wakil Bupati Sukabumi, Adjo Sardjono. Sabtu.

Acara yang di gelar dari tanggal Kamis berlangsung meriah. Hal itu terlihat dari banyaknya peserta yang ikut serta, melebihi dari target panitia.

“Melihat dari peserta sangat antusias, padahal ini baru pertama kali diselenggarakan di kabupaten Sukabumi, kedepan semoga acara lebih meriah lagi,” Ujar Adjo Sardjono.

Panitia Festival Usik menargetkan 35 perguruan silat di Jawa barat untuk ambil bagian dalam kejuaraan tersebut. Pada kenyataannya, festival diikuti 57 perguruan silat dari Kabupaten sukabumi, dan luar daerah. Adapun jumlah pesertan mencapai 600 orang.

Dewan Pembina Perguruan Pencak Silat Sabandar Karimadi, Asep Wahyu Nirwana Boestomi menilai, suksesnya gelaran acara tersebut tidak terlepas dari kekompakan panitia. Ini sekaligus pembuktian kapabilitas PPS Sabandar Karimadi yang mampu mendatangkan banyak pesilat berkualitas dari berbagai daerah.Â

“Saya berharap untuk festival Usik kedepannya bisa menarik minat peserta dari provinsi di luar Jawa Barat,” ujar Asep Wahyu.

Tidak hanya masyarakat, Festival Usik juga diikuti peserta dari kalangan TNI dan Polri binaan PPS Sabandar Karimadi. Misalnya dari personil Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi dan Polres Sukabumi yang ikut serta menampilkan kepiawaianya secara maksimal saat pembukaan festival kemarin.

“Kami sudah membuka pintu selebar-lebarnya untuk yang ingin belajar budaya silat, Satpol PP kalau bisa harus menguasai kebudayaan ini terlebih sekarang ada unit Pol PP Pariwisata,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Sukabumi Iwan Kusdian menuturkan, pihaknya selaku pemprakarsa ikut mengapresiasi keberhasilan penyelenggaraan kegiatan ini. “Persiapan yang singkat dan anggaran yang seadanya, tapi kegiatan bisa berlangsung meriah. Tahun depan harus lebih meriah,” Singkat Iwan Kusdian.

Source https://sukabumiupdate.com https://sukabumiupdate.com/detail/sukabumi/peristiwa/33484-sukses-wakil-bupati-sukabumi-apresiasi-festival-usik-penca-silat-2017
Comments
Loading...