Festival Bregada Rakyat ke V di Alon-alon Wates

0 23

Festival Bregada Rakyat ke V merupakan suatu acara Festival Bergada yang menampilkan tiruan Bergada Kraton (Puro Pakualam) yang mana Penghageng Panitro Puro Kasultanan Ngayogyakarta Gusti Kanjeng Ratu Condrokirono sangat mendukung inisiatif masyarakat untuk menyelenggarakan festival ini, dimana desain kastum/seragam tidak diperkenankan sama persis dengan ada yang di Kraton. Penyelenggaraan Festival ini sudah memasuki tahun ke 5 pada tahun 2017. Festival ini sangat di minati oleh masyarakat, yang mana ini merupakan aset budaya yang dulunya hanya ditampilkan pada saat upacara atau hajatan resmi di Kraton.

Tapi sekarang masyarakat dapat menyaksikan acara ini di luar kegiatan Kraton tersebut. Festival Bregada Rakyat ke V tahun 2017 di laksanakan tepatnya pada tanggal 26 Nopember 2017 yang diikuti oleh 31 Bregada Rakyat di Alon-alon Wates Daerah Istimewa Yogyakarta. Memang keberadaan Bregada Kraton sangat di minati dan menarik minat masyarakat, sehingga banyak muncul Bregada-Bregada Rakyat yang merupakan tiruan Bregada Kraton. Kelompok-kelompok ini mendesain kastum dan asesoris layaknya Prajurit Kraton yang di pentaskan pada Festival kali ini, sebagai bagian dari pentas budaya atau atraksi wisata.

Dengan semakin banyak muncul Bergada-Bregada Rakyat ini harus diapreasikan, karena ini akan dapat menambah keaneka ragaman kebudayaan yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Berdasarkan catatan, hanya di Daerah Istimewa Yogyakarta saja yang tumbuh seni keprajuritan ini, dimana di daerah lain yang punya entitas kerajaan tidak ditemukan keberadaan Bregada Rakyat ini Festival Bregada Rakyat ke V tahun 2017 diadakan oleh Pokja Penguatan Lembaga Pengelolaan dan Pelestarian Warisan Budaya Dinas Kebudayaan DIY yang tiap tahunnya momen ini selalu ditunggu-tunggu oleh pelaku dan pengiat seni keprajuritan serta masyarakat DIY untuk ditampilkan dalam bentuk festival ini. Acara ini sangat spesial karena pada kelompok Bregada Rakyat menampilkan atrasi Bregada yang sangat atraktif mulai dari kastum, musik dan cara berjalan/atraksinya yang sangat khas menjadi daya tarik masyarakat pada umumnya.

Festival ini terbuka untuk rakyat dan tiap tahunnya bahkan di lombakan. Peserta pada Festival Bregada Rakyat ke V tahun 2017 sebanyak 31 kelompok Bregada Rakyat, yang mana mereka menampilkan Bregada kraton dengan kreatifnya. Tiga puluh satu kelompok Bregada Rakyat yang tampil dalam Festival Bregada Rakyat ke V tahun 2017 adalah bregada Asem Gede, Satria Menoreh, Reksa Budaya, Manggala Sari, Arum Sebada, Jati Manggala, Taruna Manggala, Suling Gading, Lestari Budaya, Tanjung Anom, Gulurejo, Anggara Panuntun, Pagerharjo, Kendil Wesi, Sapta Raga, Sogan, Kalirejo, Jatimulya, Brosot, Biru, Niti Manggala, Candrasasi, Dandang Rekso, Agung Guno Joyo dan Winata Manggala.

Dengan adanya Festival Bregada Rakyat ke V tahun 2017 sangat membantu selain di bidang Pariwisata juga membantu di bidang ekonomi, dimana para pengrajin busana adat seperti blangkon, topi, surjan lurik, kain batik, keris, tombak, panah dan asesoris yang lain hingga produsen musik seperti trompet, suling, tambur dan lain-lain mau tidak mau kena dampak positifnya festival ini. Diharapkan generasi muda sekarang untuk ikut melestarikan tradisi budaya ini dan selalu melakukan inovasi yang dapat membuat festival ini menjadi lebih baik. Dengan embrio kearifan budaya lokal ini diharapkan mendatangkan wisatawan asing maupun lokal untuk datang di Daerah Istimewa Yogyakarta sehingga dapat menguntungkan dari sisi pariwisata maupun ekonominya.

Source https://myimage.id https://myimage.id/festival-bregada-rakyat-ke-v-tahun-2017/
Comments
Loading...