Festival Bandeng Kawak, Sidoarjo

0 93

Festival Bandeng Kawak

Sidoarjo adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Timur. Kota ini terkenal dengan budi daya ikan bandeng. Ikan bandeng ini juga merupakan komoditi perikanan utama di Sidoarjo. Salah satu budaya yang dilakukan oleh masyarakat Sidoarjo untuk melestarikan ikan bandeng ini adalah Festival Bandeng Kawak.

Festival Bandeng Kawak adalah budaya baru dalam kehidupan beragama masyarakat Sidoarjo. Festival ini diadakan setahun sekali. Kegiatan dari festival ini berupa lelang bandeng tradisional yang dilakukan untuk memperingati maulid Nabi Muhammad SAW. Lelang ini dapat menghasilkan dana mencapai ratusan juta. Lelang ini dilakukan dengan cara menimbang berat tubuh bandeng, makin berat tubuh bandeng maka makin banyak dana yang akan ditawarkan. Bandeng yang paling berat adalah pemenang dari festival bandeng kawak tersebut.

Tujuan dari festival ini adalah untuk meningkatkan rasa semangat para budidaya tambak agar komoditas ikan bandeng tidak berkurang. Karena bandeng merupakan ikon dari Kota Sidoarjo. Dengan diadakannya festival ini akan memperkuat identitas Sidoarjo sebagai penghasil ikan bandeng terbaik di Jawa Timur.  Selain itu, festival ini memicu petambak untuk membudidayakan bandeng dengan baik sehingga dapat memperbaiki kualitas bandeng. Bagi para petambak sendiri, festival ini dapat menjadi sumber peningkatan dana mereka. Oleh karena itu, festival ini sebaiknya tetap dilakukan untuk melestarikan kebudayaan di Sidoarjo.

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/Festival-Bandeng-Kawak/
Comments
Loading...