Festival Bandeng Di Sidoarjo Jawa Timur

0 26

Festival Bandeng Di Sidoarjo Jawa Timur

Jawa Timur yang memiliki luas wilayah sekitar 47.922 km² dan jumlah penduduknya sekitar 42.030.633 jiwa ketika disensus pada tahun 2017. Provinsi ini memiliki wilayah paling luas di antara 6 provinsi yang ada di Pulau Jawa dan memiliki total penduduk yang terbanyak kedua setelah Jawa Barat di Indonesia.

Dengan angka-angka tersebut, tentunya Jawa Timur memiliki budaya dan tradisi yang begitu kaya. Salah satu budaya dan tradisi di Jawa Timur yaitu Festival Bandeng. Festival ini biasa digelar setiap tahunnya sebelum Hari Raya Idul Fitri atau dalam rangka menyambut / memperingati hari besar Islam lainnya.

Hal ini merupakan sebuah budaya tradisional tahunan dari masyarakat serta upaya dari Pemerintah Sidoarjo untuk melestarikan ikan bandeng. Karena Sidoarjo terkenal sebagai penghasil ikan jenis ini, itu terbukti dari logo Kabupaten Sidoarjo. Dahulu, sebelum lumpur lapindo melanda, festival ini nggak cuma memamerkan ikan bandeng ukuran jumbo milik petani tambak, tapi juga ada kegiatan lelang bandeng kawak

Source https://www.idntimes.com/ https://www.idntimes.com/hype/fun-fact/riyan-sumarno/tradisi-jawa-timur-c1c2/full
Comments
Loading...