budayajawa.id

Fakta Kakawin Arjunawiwaha

0 59

Fakta Kakawin Arjunawiwaha

Belajar sejarah untuk zaman dahulu begitu sangat menyenangkan. Ketika mengenal tokoh-tokoh raja dan siapa yang paling berkuasa menjadi keseruan tersendiri. Apalagi ketika mampu mengulik isi dari kitab-kitab yang ditulis oleh para pujangga pada masa kerajaan tertentu. Walaupun terkadang alur cerita sulit untuk dipahami namun menarik untuk diikuti. Salah satu kitab yang terkenal adalah kitab Arjuna Wiwaha. Kitab ini ditulis oleh seorang pujangga bernama Mpu Kanwa.

Sebagai salah satu kitab yang membahas sejarah kerajaan yang berada di wilayah Kediri, kitab ini juga pernah diunggah dalam sebuah film. Hiruk-pikuk pertempuran, perebutan kekuasaan. Kisah dan kasih adalah hal yang selalu ada dalam sejarah. Dan itu dapat ditemukan dalam beberapa kitab karangan pujangga termasuk di kitab Arjunawiwaha ini. Keberadaan kitab Arjunawiwaha menjadi salah satu bukti sejarah kerajaan pada masa itu. Termasuk mengupas fakta-fakta yang terjadi pada masa itu. Berikut fakta-fakta yang ada pada kitab Arjuna Wiwaha:

Kitab Berisi Puisi Puitis

Fakta pertama yang terdapat dalam kitab Arjuna Wiwaha adalah terdapat puisi yang terkenal sangat puitis. Bahkan puisi yang tertulis dalam kitab ini diakui oleh salah seorang penulis bernama P.J. Zoetmulder yang mengatakan bahwa puisi dalam kitab Arjuna Wiwaha begitu tertulis sempurna. Tidak sekadar puisi yang tertulis, puisi dalam kitab ini menurut beliau mampu menggambarkan maksud isi dari puisi tersebut. Bahkan puisi yang ada menjadi puisi pertama dalam sastra puisi di propinsi Jawa Timur.

Kitab Dengan Usia Sangat Tua

Fakta kedua jelas terlihat kitab Arjuna Wiwaha memiliki usia yang sudah sangat tua. Kitab ini telah ditulis sejak berabad-abad yang lalu, tepatnya pada abad kesebelas. Mpu Kanwa menulis karyanya ini tepat pemerintahan Kerajaan Kahuripan. Gambaran yang tertulis dalam kitab ini pun memiliki karakter yang kental pada abad tersebut.

Isi Kitab Arjuna Wiwaha

Fakta ketiga adalah berkaitan dengan isi dari kitab. Pada kisah dari kitab Arjuna Wiwaha menceritakan kisah peperangan. Hal yang menarik dari kitab ini adalah dalam proses penulisan yang dilakukan oleh Mpu Kanwa. Pujangga ini menulis cerita peperangan antara Raja Airlangga dengan Raja Wengker sedang benar-benar berperang. Dalam hal ini, pujangga ini memberikan sebuah kode kemenangan pada Raja Airlangga yang sama dengan Arjuna.

Kitab Gubahan

Fakta keempat dari kitab Arjuna Wiwaha adalah telah mengalami bentuk gubahan. Gubahan terjadi pada tahun 1030. Waktu penggubahan kitab Arjunawiwaha ini sendiri terbilang tidak terlalu lama dan juga tidak terlalu cepat. Memiliki jarak sekitar dua belas tahun dari waktu Mpu Kanwa menyelesaikan kitab ini dengan waktu gubahan kitab ini. Tentu gubahan yang dilakukan agar kitab ini lebih mudah untuk dimengerti. Serta agar lebih menarik lagi untuk diikuti kisahnya.

Kisah Kasih Arjuna

Fakta kelima adalah selain mengisahkan peperangan, kitab ini juga mengisahkan percintaan. Kisah kasih antara Raja Airlangga dengan seorang puteri dari Kerajaan Sriwijaya. Sehingga ketika Anda mengulik dari isi kitab ini akan menemukan antara kisah menegangkan dengan kisah yang manis.

Kitab Arjunawiwaha menjadi salah satu saksi sejarah yang menarik. Bahkan kitab ini juga menjadi pelajaran sejarah penting bagi Anda. Yang mungkin ingin mengingat kembali pada masa pemerintahan kerajaan di Kediri. Sebab mempelajari sejarah pun tidak hanya melalui buku-buku sejarah saja, melalui karangan pujangga pun juga dapat dilakukan.

Source Fakta Kakawin Arjunawiwaha Bhataramedia.com
Comments
Loading...