Engklek Gunung, Permainan Tradisional Bandung

0 213

Engklek Gunung, Permainan Tradisional Bandung

Engklek gunung adalah sebuah permainan yang dulu saya mainkan bersama teman – teman sebaya. Engklek dalam Bahasa Sunda berarti berjalan dengan menggunakan satu kaki. Permainan ini di daerah lain mungkin memiliki nama yang berbeda.

Cara memainkannya cukup mudah. Pertama, gambar dulu pola berupa kotak – kotak yang diahiri dengan bentuk setengah lingkaran -seperti pada gambar. Ukuran kotak dapat kita buat sesuka hati-kan yang penting fun. Dulu kami sering menggunakan batu kapur dalam membuat pola karena saat itu sangat mudah menemukan batu kapur –batu kapur biasa digunakan untuk mencorat coret lantai, dinding, dan sebagainya.

Setelah membuat pola, selanjutnya tinggal bermain. permainan ini dapat dimainkan oleh dua orang atau lebih. Masing – masing pemain harus mempunyai batu gacoan terlebih dulu sebelum mulai bermain. Batu dilempar kekotak pertama, kemudian pemain dapat mulai melompat dari satu kotak ke kotak lain secara berurutan dengan cara ‘engklek’ sampai pemain mencapai gunung diakhir kotak lalu kembali lagi ke posisi awal. Setelah kembali ke posisi awal, pemain dapat mengambil batu lalu melemparkannya ke kotak kedua.

Pemain dapat dinyatakan kalah jika pemain mengjinjak garis atau keluar dari kotak saat melompat, menginjak kotak yang terdapat batu di dalamnya, dan melempar batu keluar kotak. Konsekuensi dari kekalahan adalah digantinya pemain tersebut oleh pemain lain secara bergiliran.

Permainan ini dapat melatih otot – otot kaki. Terkadang kaki – kaki kami kesakitan setelah bermain permainan ini. Namun, kesenangan yang kami dapatkan seolah menghilangkan rasa pegal di kaki kami. Sangat disayangkan anak – anak zaman sekarang jarang memainkan permainan ini.

Source https://budaya-indonesia.org/Engklek-Gunung/ https://budaya-indonesia.org/Engklek-Gunung/
Comments
Loading...