Dolanan Tradisional Pererat Persaudaraan

0 156

Guna mempererat persaudaraan dan keakraban antar keluarga besar Panti Asuhan Yatim Tunanetra Muhammadiyah (PAYTM) Plaosan Kabupaten Purworejo, termasuk dengan alumni, digelar Outbond 8. Kegiatan ini mampu membangkitkan semangat kebersamaan dan toleransi antar perserta sehingga melahirkan keakraban tersendiri.

Kegiatan yang mengangkat kembali dolanan (permainan) tradisional ini sekaligus mengingatkan akan manfaat yang banyak dibalik permainan tradisional itu sendiri. “Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat persaudaraan dan membangun kebersamaan. Sekaligus memperkenalkan kembali permainan atau dolanan tradisional yang ternyata juga memiliki banyak manfaat,” kata Ketua Panitia Kegiatan Roy Prihatin, Senin.

Rangkaian kegiatan diawali dengan even formal pembukaan dilanjutkan dengan unjuk performance yel-yel grup baik anak asuh putra maupun putri. Berikutnya masing-masing kelompok menuju pos permainan outbond dolanan tradisional yang dijaga pengasuh seperti lompat tali, egrang (berjalan dengan bambu), go back to door (go bak sodor), kasti, balap plosotan, bekel batu, ular naga, kereta-keretaan dan lainya.

Menurut Kepala PAYTM Plaosan Purworejo Nifan Nazudi, agenda yang dilaksanakan untuk ke-8 kalinya ini merupakan upaya lembaga sosial yang diasuhnya untuk mempererat ukhuwah berbagai komponen terkait dengan pengasuhan anak, dengan memanfaatkan tempat yang berbeda.

Source https://krjogja.com https://krjogja.com/web/news/read/88693/Dolanan_Tradisional_Pererat_Persaudaraan
Comments
Loading...