Dolanan Kreweng, Permainan Tradisional Jawa Tengah

0 216

Dolanan Kreweng, Permainan Tradisional Jawa Tengah

Dolanan Kreweng merupakan permainan tradisional yang sering dimainkan oleh anak-anak generasi ’70-an di daerah Jawa Tengah, khususnya Solo. Asal nama permainan ini dari bahasa jawa, dolanan berarti permainan dan kereweng yang berarti pecahan genting. 

Permainan ini merupakan permainan jauh-jauhan melempar pecahan genting yang dapat meloncat-loncat di permukaan air. Biasanya permainan ini dilakukan di tepi sungai atau di tepi waduk/danau. Cara bermainnya pun sangat sederhana. Pertama, pergi ke tepi danau atau sungai. Selanjutnya, cari pecahan genting atau batu yang tipis sesuai dengan kemauan para pemain. Selanjutnya, para pemain bergantian melempar pecahan genting ke arah danau atau sungai. Tak ada batas waktu di dalam permainan ini. Dalam permainan ini, kemenangan dapat diraih apabila pemain melempar paling jauh dan pantulannya terhadap permukaan air paling banyak.

Permainan ini dilakukan dengan pecahan genting, karena pada zaman ’70-an, acapkali rumah di pinggir perairan sudah beratap genting. Terkadang, di sekitar rumah-rumah tersebut terdapat pecahan genting yang berasal dari genting yang pecah, entah jatuh dari atap ataupun pecah karena sebab lain. Tak jarang juga anak-anak sering mengganti pecahan genting dengan batu yang tipis nan ringan apabila tidak terdapat pecahan genting di sana.

Selain melempar proyektil-proyektil tersebut, anak-anak juga dapat bersantai dan menikmati alam yang masih belum tercemari kala itu.

Permainan dapat disudahi apabila senja sudah muncul, atau jika karena kebosanan, atau bisa juga karena masing-masing anak punya urusan lain, seperti membantu ibu mereka.

Source https://budaya-indonesia.org/Dolanan-Kreweng/ https://budaya-indonesia.org/Dolanan-Kreweng/
Comments
Loading...