Dogdog Bogor-Sunda

0 171

Dogdog

Apa kalian tahu apa yang disebut dogdog itu? Dogdog merupakan pertunjukan lawakan dengan menggunakan gendang yang berasal dari Jawa Barat. Pertunjukan ini disebut dogdog karena menggunakan alat bedug yang bunyinya kalau ditabuh berbunyi dog… dog…

Pertunjukan ini dilaksanakan sebagai pengiring acara cerita jenaka (lawakan) yang isinya penuh dengan nasihat dan pesan-pesan dalam kehidupan masyarakat sunda, namun tidak membosankan karena diselingi lagu-lagu guyonan sebagai pengirngnya. Dalam pertunjukannya selain lagu inti ada lagu pembuka dan lagu penutupnya.

Alat musik yang digunakan dalam pertunjukan ini bedug dogdog tentunya, namun biasanya ada yang menambah menggunakan gong dan dicampur dengan calung. pertunjukan ini biasanya dipertunjukan diacara pesta rakyat, acara khitanan, acara kawinan, festival kesenian sunda, dan masih banyak lagi. Pertunjukan ini biasanya diperankan oleh 5 orang, paling sedikit 4 orang, karena dogodog terdiri dari 4 ukuran.

Ukuran dogdog terkecil disebut tilingtit, yang disajikan oleh dalang, tilingtit ini berperan sebagai pemberi pangkat, pengatur lagu dan irama. Disebut tilingtit karena suara yang dihasilkan berbunyi “tilingtingtit tilingtingtit”. Yang kedua ada perempas (engklok) atau tong yang juga disajikan oleh dalang, alat ini dinamakan tong karena suara yang dihasilkan berbunyi “tong tong tong”. Yang ketiga adalah brung yang menghasilkan suara “brung brung”. Yang keempat merupakan dogdog terbesar yang disebut Badublag yang dipegang oleh penyaji sebagai bodor.

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/Dogdog/
Comments
Loading...