Dhandhangan, Tradisi Menyambut Bulan Suci Puasa di Kudus

0 77

Dhandhangan, Tradisi Menyambut Bulan Suci Puasa di Kudus

Kota Kudus di Jawa Tengah memiliki tradisi khusus menjelang bulan Ramadhan yang disebut tradisi dhandhangan atau dandangan. Konon tradisi ini sudah berlangsung sejak masa hidup Sunan Kudus atau peralihan dari era Hindu ke Islam.

Tradisi dhandhangan berawal dari pengikut Sunan Kudus saat menyambut datangnya bulan Ramadhan. Mereka datang ke masjid untuk mendengarkan pengumuman awal puasa dari Sunan Kudus dan menunggu bedug di menara masjid ditabuh sebagai penanda datangnya bulan puasa.  Suara tabuhan beduk yang berbunyi “dang dang dang” itulah kemudian menjadi asal nama dhandhangan.

Kebiasaan ini kemudian diteruskan hingga kini berupa keramaian pasar malam. Para pedagang akan meramaikan lokasi sekitar kompleks Masjid Menara Kudus dan Simpang Tujuh. Mereka menjual makanan, minuman, dan berbagai barang kebutuhan lainnya.

Tradisi dhandhangan juga diramaikan dengan kirab yang menampilkan berbagai budaya beberapa desa di Kudus dengan rute melalui jalan-jalan protokol kota itu. Setibanya di alun-alun, peserta kirab memperagakan adegan yang menceritakan perkembangan Islam secara sederhana. Tabuhan bedug yang dilakukan oleh pejabat instansi terkait mengakhiri acara sekaligus sebagai tanda dimulainya puasa bulan Ramadhan.

Source https://1001indonesia.net/ https://1001indonesia.net/dhandhangan-tradisi-menyambut-bulan-suci-puasa-di-kudus/
Comments
Loading...