Desain Rumah Adat Jawa Timur Situbondo

0 3.906

Desain Rumah Adat Jawa Timur Situbondo

Desain rumah adat dari Jawa Timur ini mendapat pengaruh dari Jawa Tengah. Akan tetapi, nama rumah adat ini disebut dengan Joglo Situbondo. Rumah Joglo adalah rumah adat yang berbentuk limas. Rumah ini banyak terdapat di Jawa Timur, khususnya Ponorogo. Yang merupakan ciri khas bangunan di wilayah Jawa Timur.

Ciri khas utama dari sebuah Rumah Joglo Situbondo ialah : penggunaan kayu jatinya sebagai bahan dasar pembangunan rumah. Kayu ini kokoh sehingga tidak heran bila sudah di jadikan bahan rumah sejak dahulu. Pada rumah jenis Joglo  banyak bahan kayu yang digunakan untuk dinding, tiang rumah dan juga lantai rumah. Pembagian ruangan di dalam Rumah Joglo Situbondo hanya ada dua, yaitu:

1. Pendopo

Pendopo ini merupakan bagian yang paling depan  dari Rumah Joglo Situbondo dan juga jenis rumah Joglo lainnya disebut dengan Pendopo. Area ini berukuran cukup luas tepat di depan rumah yang digunakan sebagai area menerima tamu. Selain itu, pendopo juga berfungsi sebagai sebuah balai pertemuan masyarakat Jawa untuk berdiskusi, bermusyawarah, dan bermufakat tentang acara adat maupun hajatan yang akan digelar. Sehingga banyak sekali kegunaan di area pendopo ini.

2. Ruangan Belakang

Ruang belakang dalam Rumah Joglo Situbondo hanya dibagi menjadi dua ruangan lagi, yaitu dapur dan juga kamar tidur. Kamar tidur di rumah adat ini bisa dibagi menjadi beberapa kamar sesuai dengan kebutuhan pemilik rumah. Sehingga kamar di sesuaikan berapa jumlah orang yang berada di dalam rumah tersebut.

Penyekat kamar atau ruangan biasanya bukan terbuat dari dinding, melainkan papan kayu sebagai pembatas. Akan tetapi bila di zaman sekarang banyak yang menggunakan batu bata. Dapur Rumah Joglo juga termasuk jenis dapur yang tradisional karena masing menggunakan tungku sebagai sumber perapian. Sehingga masih bercorak tradisional.

Source Desain Rumah Adat Jawa Timur Situbondo lihat.co.id
Comments
Loading...