Dampu: Permainan Tradisional dari Betawi

0 63

Permainan yang dimainkan anak laki-aki maupun perempuan di Betawi. Diagram dampu digambar di atas tanah dengan torehan batu runcing. Diagram dampu terdiri dari 5 block, dimana masing-masing block mengandung makna tertentu yaitu gunung, rumah, dan tangga. Dampu dibuat dengan tinggi sekitar 3 meter, dan sisi yang paling lebar sekitar 1,20 meter. Dampu boleh jadi berasal dari kata Melayu dampu, yaitu panggilan kehormatan pada seseorang.

Istilah dampu dipopulerkan oleh primbon Cina Peranakan bernama Dampoo Awang yang berisi tanya jawab masalah peruntungan. Tetapi besar kemungkinan kata dampu berasal dari di + ampu, diampu dampu. Ampu dapat berarti angkat. Dalam bermain dampu para pemain mengangkat sebelah kakinya me-Ioncat dari satu block ke block lain. Diagram dampu secara berurutan menempatkan gunung (A) pada strata tertinggi yang mensimbolkan gunung sebagai preferensi pada sistem nilai Betawi.

Dalam mitos Betawi ada gunung yang dianggap punya nilai magis yaitu: Gunung Puteri, Gunung Sindur, Gunung Kreneng, dan Gunung Sembung. Setelah gunung, kita dapatkan rumah (B), yang menyimbolkan kemapanan hidup duniawiah. Untuk mencapai A dan B orang harus melalui leher (C) yang menggambarkan sasaran antara, dan sebelumnya harus ditempuh dulu sayap (D) dan tangga (E). Ini yang disebut dampu gunung.

Jenis lain dari permainan dampu disebut dampu kapal. Prinsipnya dampu kapal sama saja dengan dampu gunung, hanya saja dampu kapal lebih sederhana. Block-blocknya lalah gunung (A), sayap (B), dan tangga  (A). Permainan dampu terkenal di seluruh dunia, hanya saja tingkat kerumitannya berbeda, tetapi prinsip permainannya sama. Dan latar belakang philosofinya juga berbeda.

Menurut buku Games of The World, Frederic V. Grunfeld (ed), New York, 1975, permainan yang dinamakan dampu disebut hopscotch. Meski nama permainan ini berbau Scotlandia, tetapi permainan ini tidak berasal dari sana. Kapan permainan ini dimulai tak seorangpun tahu. Permainan ini dikenal baik di Inggris, Rusia, India, maupun Cina. Masuk ke Jakarta (Indonesia) dibawa bangsa Barat, boleh jadi pada abad ke-18. Latar belakang filosofi permainan ini sangat dekat dengan kepercayaan agama. Block-block hopscotch terdiri atas bumi, neraka, syurga, dan pos-pos. Surga merupakan block puncak, di dalam permainan dampu disebut gunung.

Source https://jakarta.go.id/artikel/konten/815/dampu-permainan jakarta.go.id

Leave A Reply

Your email address will not be published.