Damdas 3 Batu Jakarta

0 374

Damdas 3 Batu

Damdas tiga batu merupakan salah satu permainan tradisional asal Betawi yang terletak di DKI Jakarta. permainan yang dapat dimainkan oleh anak laki-laki maupun perempuan tersebut sangat mudah untuk dimainkan. Permainan ini juga tidak membutuhkan banyak bahan untuk memainkannya. Cukup siapkan papan kayu, karton, tanah, atau alas kertas lalu buat garis sesuai gambar yang tertera dibawah. Siapkan juga batu kerikil sebanyak tiga butir dan letakan sesuai gambar. Selain menggunakan batu kerikil kita juga dapat menggunakan barang lain sebagai pengganti batu yaitu kelereng, biji-bijian, pecahan genting, atau plastisin yang sudah dibentuk bulat. Damdas tiga batu hanya dapat dimainkan oleh dua orang dan dapat dimainkan dimana saja(diluar maupun didalam rumah).

Damdas tiga batu biasanya diawali dengan suten atau lebih dikenal dengan suit untuk menentukan urutan pemain yang berjalan terlebih dahulu dan dimainkan secara bergantian dengan menjalankan batu kerikil per satu garis hingga berhenti di sudut terdekat dengan arah ke depan atau samping. Pemain yang memenangkan permainan adalah pemain yang berhasil memindahkan semua batu kerikilnya ke kandang lawan main yang berbentuk segitiga.

Inilah salah satu permainan yang berasal dari tempat dimana saya dilahirkan yaitu DKI Jakarta yang sudah saya ketahui melalui pelajaran Pendidikan Lingkungan Budaya Jakarta.saat saya duduk di bangku kelas tiga sekolah dasar. Nilai positif yang dapat terkandung dalam permainan ini adalah kecermatan, kejujuran, dan kesabaran. Kecermatan mampu ditemukan dalam bagaimana cara kita mengambil langkah. Sedangkan kejujuran ditentukan saat kita meletakan batu kerikil sesuai dengan peraturan yang ada. Serta kesabaran dalam menunggu giliran per giliran saat bermain.

Source https://budaya-indonesia.or https://budaya-indonesia.org/Damdas-3-Batu/
Comments
Loading...