Ciri Khusus Alat Musik Angklung Reyog

0 124

Ciri Khusus Alat Musik Angklung Reyog

Angklung Reyog merupakan sebuah alat musik dari bambu dengan hiasan benang warna merah dan kuning dan lengkungan bambu yang di tata dengan rapi dan indah yang digunakan untuk mengiringi kesenian Reyog ponorogo di Jawa Timur.

Angklung reyog memiliki ciri khusus, yaitu:

  1. Memiliki pegangan pada ujung angklung yang di gunakan untuk memegang angklung. hal ini dapat menyebabkan satu orang memegang dua angklung
  2. Pada ujung bambu yang di helai kecil, di beri untaian benang warna merah dan kuning yang indah, pada awalnya benang ini sebagai jimat untuk melumpuhkan musuh apabila terkena.
  3. Terdapat lengkungan bambu di setiap atas tabung bambu yang besar
  4. Memiliki suara yang keras yang khas sehingga menimbulkan kesan mistis dan getaran spiritual pada hati
  5. Hanya memiliki dua nada, besar dan kecil dengan bunyi klong-klong yang besar dan klung-klung yang kecil
  6. Karena kegengsian tiap group reyog untuk tidak sama, terkadang angklung ini di buat dengan 3 tabung, 2 tabung, 1 tabung, bahkan hingga 9 tabung, tetapi pakem pada angklung reyog memiliki 3 buah tabung saja.
  7. Bentuk angklung menyerupai gapura dan tangga, dari kecil hingga yang tinggi yang memiliki filosofi kehidupan manusia.
  8. Angklung reyog telah lama memiliki angklung bernada pertama di dunia berasal dari distrik sambit, salah satu nya yang berumur lebih 250 tahun yang terdiri 15 buah angklung pada satu set gayor dengan 3 buah tabung bambu tiap angklung yang kini menjadi koleksi museum Sri BadugaBandungdi jawa barat.
Source https://id.wikipedia.org/wiki/Halaman_Utama https://id.wikipedia.org/wiki/Angklung_reyog
Comments
Loading...