Ciri Khas Pakaian Adat Jawa Timur

0 178

Ciri Khas Pakaian Adat Jawa Timur

Jawa Timur merupakan wilayah propinsi yang tidak dapat dilepaskan dari sejarah Bangsa Indonesia. Sebagai wilayah tempat lahirnya para pahlawan, Jawa Timur sangat kentara dengan kebudayaan yang dimilikinya. Salah satu kebudayaan masyarakat Jawa Timur yang paling menonjol adalah Pakaian Adat Jawa Timur. Pakaian adat Jawa Timur merupakan simbol bagi keutuhan budaya Jawa Timur. Walaupun sekarang sedang rentan Indonesia mengalami degradasi budaya, namun pakaian adat ini tetap tidak akan bisa dilupakan dari ingatan masyarakat.

Masih banyak masyarakat yang melestarikan pakaian adat ini, sehingga keutuhan budaya masih tetap kokoh terjaga ketika menghadapi arus modernisasi. Pakaian khas Jawa Timur ini sering digunakan pada saat acara pernikahan adat Jawa Timur oleh pasangan pengantin. Namun, terdapat beberapa wilayah di Jawa Timur yang sebagian masih tetap menggunakan pakaian ini diluar acara formal. Madura salah satunya, dimana wilayah di timur Kota Surabaya ini sangat kental dengan ketaatan terhadap adat-istiadat setempat.

Sebagai pakaian yang terkenal di nusantara, pakaian adat Jawa Timur memiliki ciri khas tersendiri yang membedakan pakaian ini dengan pakaian adat yang lain. Ciri khas ini terletak pada bentuk fisik maupun filosofi yang termuat dalam pakaian adat ini. Sebagai pakaian adat yang membuat orang lain penasaran akan tampilannya, maka akan dideskripsikan ciri khas pakaian adat Jawa Timur berikut ini:

Pakaian adat Jawa Timur memiliki ciri khas baju yang indah dan elok untuk dipandang. Jika anda pandang sekilas, nampak bahwa pakaian Jawa Timur memiliki banyak kesamaan dengan pakaian adat Jawa Tengah. Kesamaan ini didapatkan karena pengaruh kebudayaan masyarakat Jawa Tengah dulu yang terkenal dengan kekuasaan yang besar. Namun ada perbedaan yang mendasar dan kontras dari segi filosofisnya. Corak pakaian adat Jawa Tengah melambangkan nilai-nilai kesopanan serta tata krama yang tinggi. Sedangkan corak pakaian Jawa Timur lebih cenderung menunjukkan nilai-nilai ketegasan, tetapi sarat dengan nilai etika yang tinggi.

Ciri khas pakaian adat Jawa Timur juga terdapat pada masing-masing jenis pakaian adat itu sendiri. Terdapat berbagai macam pakaian khas adat Jawa Timur, mulai dari seperangkat baju hingga aksesoris-aksesoris yang mewah. Jenis-jenis pakaian adat tersebut menunjukkan kekayaan budaya yang dimiliki oleh masyarakat Jawa Timur. Oleh karena itu, berikut akan disebutkan jenis-jenis pakaian adat Jawa Timur lengkap beserta penjabarannya.

Source https://www.romadecade.org/ https://www.romadecade.org/pakaian-adat-jawa-timur/#!
Comments
Loading...