Ciri-Ciri Tarian Jaipong

0 821

Ciri-Ciri Tarian Jaipong

Tari jaipong adalah salah satu seni budaya kebanggaan yang dimiliki Indonesia terutama daerah Bandung Jawa barat. Tari jaipong merupakan salah kebudayaan jawa. Tarian yang unik ini pertama kali dipelopori oleh seniman berbakat berdarah Sunda yang bernama Gugum Gumbir. Namun pencipta dari semua gerakan tariannya justru pertama kali dibudidayakan oleh seniman bernama H. Suanda yang berasal dari Karawang pada tahun 1976.

Ciri-ciri tarian jaipong

  • Kostum para penari tari jaipong memiliki karakter warna yang terang dan mencolok tetapi tetap indah dan serasi dengan irama musiknya, warna tersebut adalah Kuning emas, Merah, biru terang dan lain lain.
  • Mempunyai motif dengan konsep alam misalnya motif bunga bunga atau daun daun dengan bentuk yang bervariasi dan indah.
  • Bentuk kostum selalu mengikuti bentuk tubuh sipenari dan menimbulkan kesan yang sedikit fulgar, sexi dan eksotik namun pada dasarnya hal itu ditujukan untuk menyelaraskan musik, gerakan serta kostum yang bersangkutan agar saling berkaitan dan mempunyai nilai estetika yang kuat.
  • Mempunyai gerakan gerakan yang luwes dan mengimbangi musiknya yang banyak hentakan dan seruan gendang yang cukup cepat dan terkadang keras.
  • Gerakan tariannya lebih mengandalkan kekuatan dan kelenturan otot sehingga terlihat selalu energik dan semangat. Tak heran jika penari jaipong terlihat seperti tidak pernah kelelahan.
  • Dapat dilakukan dengan berbagai jumlah penari, misalnya dibawakan dengan 2 penari, 3 penari, 7 penari atau bahkan lebih dari sepuluh. Keselarasan dan keharmonisan gerakan terhadap irama musiknya mampu menjadi satu kesatuan gerak yang dinamis dan kompak.
  • Tari  jaipong dapat dilakukan pria maupun wanita atau saling berpasangan dengan mengandalkan gerakan yang kompak dan mengutamakan keselarasan dengan musiknya.

Gerakan gerakan tari jaipong yang penuh dengan hentakan dan cenderung membuat bagian tubuh nyaris  bergerak semua. Dapat dijadikan sebagai gerakan yang menyehatkan otot, melancarkan  pernafasan dan meningkatkan kelenturan tubuh. Sehingga terhindar dari kaku otot dan ketegangan otot yang memicu pegal pegal dan nyeri punggung.

Source https://ilmuseni.com/ https://ilmuseni.com/seni-pertunjukan/seni-tari/manfaat-tari-jaipong
Comments
Loading...