Ciri-ciri Tari Merak Kesenian Masyarakat Sunda

0 594

Tari Merak adalah tarian yang menampilkan kreasi baru dengan mengekspresikan kehidupan seekor burung merak. Gerakan-gerakan tari merak diambil dari tingkah laku seekor burung merak. Dan kemudian diangkat ke pentas oleh seorang seniman Sunda, yaitu Raden Tjeje Soemantri.

Tari ini adalah salah satu tarian yang berjenis modern (kontemporer). Maksudnya adalah gerakan tarian merak diciptakan dengan bebas dan juga kreasi sendiri. Tari Merak ini tidak mengandung tarian tradisional klasik maupun tari tradisional rakyat.

 

Dalam setiap tarian pasti memiliki sebuah ciri khas yang unik. Atau membuat setiap gerakan berbeda yang menandakan bahwa itu termasuk dari kelebihan atau keistimewaan sebuat tari tersebut. Berikut ini adalah penjelasan mengenai ciri-ciri tari merak :

  1. Busana ataupun kostumnya memiliki motif seperti bulu merak, itu menggambarkan bentuk dan bulu merak. Seperti warna hijau, biru, dan hitam, kostum atau busananya juga mempunyai sepasang sayap menyerupai ekor merak yang sedang dikembangkan. Serta dikepala setiap penarinya terdapat sebuah mahkota.
  2. Gerakan dalam tari merak hampir sama dengan tingkah laku merak jantan yang sedang mencari perhatian pada merak betina. Itu dilakukan dengan gerakan yang gemulai.
  3. Tarian ini dilakukan dengan berpasangan.
Source https://qudsfata.com/tari-merak/ https://qudsfata.com
Comments
Loading...