Cimanuk Carnival, Budaya Jawa Barat

0 125

Cimanuk Carnival yang menjadikan 1.000 perawan Ngarot sebagai icon, bakal dijadikan wisata budaya Jawa Barat. Pemprov Jawa Barat, akan memasukan ke dalam daftar wisata budaya Jawa Barat dan membantu mempromosikannya secara nasional maupun ke luar negeri.

Wakil Gubernur Jawa Barat, H. Deddy Mizwar (Demiz) mengemukakan hal tersebut di sela-sela keberadaan di Indramayu untuk menyaksikan perhelatan Cimanuk Carnival. Demiz merasa puas dengan even budaya yang mempertunjukan seni-seni tradisional khas Indramayu.

“Ini hal baik. Patut diapresiasi. Saya melihat, masyarakat Jawa Barat memiliki semangat untuk mengapresiasi khasanah lokal. Daerah lain sepertinya serentak melakukannya, tak terkecuali Indramayu,” tutur dia Rabu malam.

Demiz menilai, Cimanuk Carnival memiliki potensi untuk bisa dipertunjukan secara nasional maupun internasional. Ke depan, kualitas penyelenggaraan harus lebih ditingkatkan sehingga bisa menarik minat wisatawan lokal maupun internasional.

“Sebagai tahap awal sudah lumayan. Ke depan, mesti ditingkatkan kualitasnya dengan menambah bobot perhelatan tersebut,” tutur dia.

Menurut Demiz, patut dipertimbangkan, ke depan Cimanuk Carninval tidak hanya menjadi even lokal Indramayu, tetapi harus diproyeksikan secara nasional atau bahkan internasional. Even ini bisa menjadi ajang pertemuan budaya antara seni tradisi Indramayu dengan daerah lain di sekitarnya, termasuk Jawa Barat.

“Atau bisa juga mengundang seniman dari luar propinsi dan luar negeri. Jadi pasti akan tambah meriah. Selain itu, ini bisa menjadi komunikasi budaya, sekaligus mempromosikan Indramayu, terutama Cimanuk Carnival, sebagai even nasional dan internasional,” tuturnya.

Demiz menuturkan, kerja kebudayaan itu tidak mengenal lelah, lalu juga tidak pernah ada yang namanya puncak atau batasan. Meski Cimanuk Carnival telah meraih penghargaan dari Original Record Indonesia (ORI), hal itu tidak lantas menjadi kebangaan semu yang akhirnya justru akan menghilangkan kreatifitas.

“Saya harap ini akan menjadi even rutin. Setidaknya nanti di Jawa Barat, nanti bisa dipromosikan secara nasional atau internasional bahwa pada bulan Oktober ada agenda Cimanuk Carnival. Rekor ORI bisa menjadi bekal, ke depan harus lebih baik,” tutur dia.

Source http://www.disparbud.jabarprov.go.id http://www.disparbud.jabarprov.go.id/applications/frontend/index.php?mod=news&act=showdetail&id=2057
Comments
Loading...