Celana Kain dengan Motif Batik Dalam Pakaian Adat Pria Betawi

0 115

Celana Kain dengan Motif Batik Dalam Pakaian Adat Pria Betawi

Dalam menjalankan aktivitas, masyarakat juga memiliki pakaian keseharian yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Pakaian keseharian yang digunakan oleh pria dan wanita tentunya berbeda. Bagi masyrakat Betawi, pakaian keseharian untuk pria adalah terdiri dari sadariah atau sebutan yang lumrah bagi masyarakat umum adalah baju koko dan celanan komprang, biasanya celanan yang digunakan adalah ukuran tanggung.

Biasanya, masyarakat Betawi menambahkan aksesoris berupa sarung yang sudah diguung kemudian diikatkan pada pinggang, menggunakan sabuk hijau dan menggunakan peci. Yang menjadi khas dari pakaian keseharian pria Betawi adalah penggunaan peci warna merah. Meski demikian, banyak pula yang menggunakan peci .

Celana Kain dengan Motif Batik

Celana dari kain batik ini biasanya bentuk eperti celanan kolor dengan karet pada bagian pinggangnya. Celanan kolor ini merupakan salah satu pakaian yang biasa digunakan oleh masyarakat Betawi. Biasanya, panjang dari celana kain ini adalah selutut atau ukuran tanggung. Motif yang dipakai pun cukup sederhana, tidak terlalu ramai dan warna yang dipilih pun tidak terlalu mencolok. Umumnya, warna kain yang digunakan untuk membuat celana kolor ini adalah warna-warna kalem, seperti putih, hitam dan cokelat.

Source https://adatindonesia.com/ https://adatindonesia.com/pakaian-adat-betawi/
Comments
Loading...