Cara Menentukan Hari Baik Untuk Menikah Bagi Orang Jawa

0 414

Cara Menentukan Hari Baik Untuk Menikah Bagi Orang Jawa

Bila seseorang menginginkan hari yang  baik untuk acara pernikahan. Maka hari-hari yang biasanya dihindari oleh orang Jawa untuk mengadakan acara hajatan atau acara pernikahan. Ialah sebagai berikut :

-Pertama, hindari hari na’as keluarga, misalnya seperti hari meninggal orang tua dari bapak ibu calon pengantin.

-Kedua, hari tidak baik dalam satu bulan, misalnya dalam bulan Puasa, Syawal, dan Dzulkaidah di hari Jumat, Sabtu, dan Minggu.

-Ketiga, beberapa hari yang di yakini tidak baik dalam tahun. Misalnya Tahun Dal hari Jumat Kliwon dan Rabu Kliwon.

-Keempat, tanggal tidak baik di dalam bulan, misalnya tidak boleh menikah di bulan Dzulkaidah tanggal 2, 9, 13, 22 dan 28.

-Kelima ,Samparwangke  atau menyampar bangkai merupakan hari yang tidak baik dalam Wuku (zodiak Jawa), misalnya salah satu pengantin memiliki zodiak Wuku Warigalit, berarti tidak boleh menikah di hari Senin Kliwon.

-Keenam, Taliwangke (mengikat bangkai), yaitu hari yang tidak baik di dalam Bulan dan Wuku, misalnya bulan Sura dan Rejeb Wuku Landep, tidak boleh menikah di hari Rabu Pahing.

Selain itu dalam menentukan tanggal pernikahan yang baik ,bisa melihat terlebih dahulu mengenai hal-hal berikut ini :

Melihat Neptu

Langkah awal calon pengantin akan dilihat neptu atau nilainya. Caranya dengan menghitung berapa jumlah huruf dari nama kedua calon pengantin. Dan cocokkan pula dengan tanggal, bulan, tahun lahir dan bila perlu sertakan jam lahir.Sehingga sebagai langkah awal harus di persiapkan dengan benar-benar.

Cocokkan dengan Primbon

Dari hasil yang telah dihitung tadi akan dicocokkan dengan primbon. Maksud dari Primbon itu sendiri ialah buku panduan yang berisi tentang perhitungan dan ramalan kehidupan manusia meliputi mimpi hingga jodoh.

Jika kedua mempelai punya Weton sama

Sebagai permisalan bila sang mempelai pria lahir  Wage, dan calon pengantin wanita juga sama lahir saat Wage, maka dianjurkan hari pernikahan dilaksanakan pada hari lain seperti Pahing, Pon atau Kliwon, kecuali Wage.

 

Source Cara Menentukan Hari Baik Untuk Menikah Bagi Orang Jawa otonomi.co.id
Comments
Loading...