Cara Memainkan Permainan Ngadu Kaleci Sunda Jawa Barat

0 1.623

Cara Memainkan Permainan Ngadu Kaleci Sunda Jawa Barat

Permainan tradisional ini sering dimainkan untuk hiburan, dan permainan tradisional ini bisa dijadikan sebagai prestasi. Ngadu kaleci merupakan sebuah permainan yang dimainkan oleh tim ataupun kelompok dan bisa secara tunggal. Permainan ini dilakukan dengan cara terstruktur.

Di beberapa daerah, game ini juga disebut gundu. Game ini biasa dimainkan oleh anak laki-laki. Anda membutuhkan dua pemain atau lebih untuk memainkan game ini. Ada banyak jenis permainan yang bisa dimainkan dengan menggunakan kelereng.

Cara memainkan permainan Ngadu Kaleci

  1. Para pemain berdiri di garis yang pertama harus bersiap-siap untuk melemparkan sebuah kaleci atau kelereng. Tujuan dari melempar ini adalah supaya kaleci atau kelereng tadi bisa jatuh mendekat garis kedua. Atau bisa berada di garis yang mempunyai sorotan yang bagus.
  2. Tata cara melemparkan ini biasanya dimulai denan mengundi menggunakan cara sut jen atau hompimpah.
  3. Pemain yang kelerengnya jatuh di daerah paling dengan dengan garis berati itu merupakan pemain yang bermain pertama. Dan di lanjutkan oleh pemain lainnya.
  4. Cara permainannya yaitu menggunakan jari tangan, kelereg diarahkan terhadao kelereng milik pemain yang menjadi lawan.

Permainan tradisional merupakan suatu alat untuk besosialisasi yang dapat menjalin sebuah keakraban dan kekerebatan. Permainan tradisional memiliki manfaat yang sangat banyak karena permainan tradisional dapat menggerak gerakkan bagian tubuh  untuk berinteraksi dengan teman.

Permainan kelereng merupakan sebuah permainan tradisional khas indonesia yang mendunia. Permainan ini merupakan favorit anak laki-laki. Ada banyak variasi permainan yang dimainkan dan berbeda-beda dari tiap daerah.

Salah satu versi yang lebih populer adalah lingkaran kecil digambar di tanah. Semua pemain memasukkan salah satu kelereng kelereng mereka ke dalam lingkaran. Kemudian masing-masing pemain menjatuhkan marmer lain ke titik di luar lingkaran yang ditarik.

Pemain yang memiliki marmer paling jauh dari lingkaran berhak bermain terlebih dahulu. Dia harus berusaha menggunakan kaleci atau kelereng  yang ada di luar lingkaran (striker) untuk memukul kaleci atau kelereng di dalam lingkaran dan menjatuhkannya ke luar ring.

Jika dia berhasil melakukannya, ini dia berhak menyimpan kaleci atau kelereng yang telah dia pecahkan dari lingkaran. Namun, kelereng penyerang juga harus berhenti di luar lingkaran yang ditarik. Jika tidak, kaleci atau kelereng ini harus tetap berada di dalam lingkaran dan pemiliknya kemudian mengorbankan kaleci atau kelereng ini.

Jika pemain berhasil mengetuk salah satu kelereng lawannya dari ring, dia bisa melanjutkan gilirannya dan mencoba menyerang lawan lainnya. Kelereng striker jika dia berhasil memukul lawan-lawannya. Striker marmer, ia berhak mengambil marmer tersebut dan lawannya tidak bisa lagi memainkan putaran saat ini. Namun jika dia merindukan lawan-lawannya. Penyerang marmer, ia kehilangan gilirannya dan pemain berikutnya kemudian bisa mulai bermain.

Source https://kaulinansunda.com/ https://kaulinansunda.com/category/ngadu-kaleci/
Comments
Loading...