Cara Memainkan Permainan Loncat Tinggi Sunda

0 993

Cara Memainkan Permainan Loncat Tinggi Sunda

Permainan loncat tinggi, atau sering dikenal dengan luncat tali atau jika di bahasa Indonesiakan adalah lompat tali. Loncat tinggi (dalam bahasa Sunda) merupakan suatu permainan yang sering dimainkan oleh anak-anak pada jaman dahulu. Permainan yang sangat digemari oleh kalangan anak-anak. Permainan tradisional ini merupakan suatu permainan yang menjadi suatu ciri khas kebudayaan Indonesia, khusunya Jawa Barat.

Luncat tali atau yang sering dikenal dengan loncat tinggi merupakan suatu permainan yang cara bermainya itu dengan melompati tali yang tali tersebut di pegang oleh 2 (dua ) orang pemain lainnya. Dan tali itu sedikit- demi sedikit di naikan ke atas hingga terus bertambahnya level permainan.

Permainan ini dimainkan oleh 3 (tiga) orang atau pun lebih. Menggunakan tali yang panjang yang biasanya tali tersebut berbahan dari karet yang di buat seperti kepangan rambut, atau di satu-satukan satu persatu sehingga menjadi panjang.

Cara permainan ini yakni ada 2 (dua) orang yang bertugas sebagai penjaga, maksudnya adalah mereka ditugaskan untuk memegang ujung tali. Dari mulai tahap awal yakni dari mulai lutut hingga naik ke atas atau dikenal dengan level merdeka.

Level Merdeka yakni tali tersebut dilambungkan atau diacungkan ke atas dengan setinggi-tingginya. Level-level dalam permainan ini dimulai dari level yang tingginya diatas lutut, tali puser, dada, telinga, kepala lalu merdeka atau diatas kepala.

Cara permainanya adalah anak yang tidak bertugas untuk memegang tali harus loncat tanpa mengenai tali tersebut atau harus melompat diatas batas yang sudah ditentukan. Dan ketika melompat pemain tidak dieprbolehkan untuk menyentuh tali.

Luncat tinggi merupakan sebuah game tradisional Indonesia yang bisa ditemukan di negara lain juga. Game ini dikenal dengan Jump Rope di negara lain diluar Indonesia. Permainan tradisional LompatTali di Indonesia merupakan permainan yang sangat sangat unik karena tali yang digunakan pada game ini terbuat dari karet gelang yang saling menempel.

Sementara game ini bisa dimainkan oleh 3 (tiga) pemain atau lebih. Dua (dua) pemain akan memegang setiap ujung tali dan melewatkan tali di sekelilingnya. Pemain lain akan melompati tali tanpa menyentuh tali. Namun peraturan tersebut ditentukan pada saat awal permainan.

Permainan ini bisa dimainkan oleh anak-anak perempuan ataupun anak laki-laki karena tidak memiliki ciri spesifik terhadap orang yang memainkannya. Menghargai adat ataupun suatu kebudayaan merupakan sesuatu yang wajib dan harus.

Karena pada dasanya jika kita menghargai suatu kebudyaan maka disana kita lebih bisa memberikan suatu kekuatan hukum. Jika tidak oleh kita sendiri kebudayaan itu dilestarikan, jangan sampai negara lain mengklaim bahwa suatu kebiasaan itu merupakan kebudayaan miliknya.

Source https://kaulinansunda.com/ https://kaulinansunda.com/loncat-tinggi-atau-lompat-tali-permainan-yang-sangat-populer-dan-menjadi-favorit-anak-anak/
Comments
Loading...