Cara Memainkan Permainan Lodong Sunda Jawa Barat

0 279

Cara Memainkan Permainan Lodong Sunda Jawa Barat

Permainan tradisional ini berasal dari tatar Sunda. Permainan ini sangat memiliki kemiripan dengan permainan mercon atau yang dikenal dengan petasan. Permianan tradisional lodong atau yang sering dikenal sebagai meriam bambu merupakan mpermainan yang sangat populer di indonesia pada saat bulan suci ramadhan.

Di tanah Sunda atau tatar Sunda permainan ini dikenal sebagai lodong. Permainan tradisional ini dilakukan untuk menunggu waktu untuk berbuka puasa dan memanfaat kan waktu yang sebaik-baiknya. Permainan lodong ini biasa dilakukan di daerah pedesaan karena suara yang dihasilkan dari permainan ini sangat nyaring dan tidak mungkin untuk dilakukan diwilayah kota terutama tempat yang sangat padat penduduk.

Meriam bambu atau lodong merupakan sebuah permainan tradisional yang pada umumnya dimainkan pada saat bulan ramadhan atau bulan puasa. Lodong sangat jarang dimainkan di perkotaan, namun di berbagai daerah khusunya daerah pedesaan permainan tradisional lodong ini menjadi sangat populer dikalangan remaja khusunya bagi kaum adam.

Cara memainkan permainan tradisional lodong ini adalah memilih tempat yang terbuka (lapangan) hindari tempat atau ruangan dengan bahan yang mudah terbakar. Posisikan lodong dalam keadaan 15-30 derajat dengan bagian pangkal lodong berada di permukaan yang lebih rendah.

Arahkan lodong ke atas karena mungkin sangat aman ketika nantinya meriam meledak dan moncong meriam akan mengeluarkan asap panas dan juga suara yang nyaring. Isi lodong dengan menggunakan karbit atau minyak tanah melalui lubang picu dengan bantuan corong.

Permainan tradisonal lodong merupakan permainan yang dapat menggunakan bahan bakar seperti minyak tanah, karbit atau bisa juga menggunakan bensin. Bensin mempunyai tingkat kegunaan yang mungkin sangat tinggi dan mungkin tidak memerlukan pemanasan awal jika anda menggunakan bahan bakar ini. Permainan tradisional lodong dengan menggunakn bahan bakar karbit akan menguap apabila dilarutkan dengan air.

Permainan tradisional ini bisa dimainkan oleh remaja, anak-anak hingga kalangan orang tua sekalipun. Jika anak-anak memainkan permainan ini perlunya pengawasan orang tua atau orang dewasa. Jika permainan ini dilakukan oleh orang yang belum profesional maka akan mengenai wajah si anak. Wajah si anak bisa cemong atau hideung atau muka dari si anak tersebut bisa hitam akibat tertembak oleh lodongnya sendiri.

Permainan ini hanya membutuhkan gundukan tanah yang digunakan sebagai benteng pelindung. Amunisi yang digunakan bisa menggunakan dari bahan sepatu bekas maupun dari tempat sabun atau wadah sabun. Zaman sekarang lodong sangat jarang dimainkan lagi. Karena anak-anak lebih memilih untuk memainkan games atau permainan yang lebih praktis dan menyenangkan.

Source https://kaulinansunda.com/ https://kaulinansunda.com/category/lodong/
Comments
Loading...