Cara Memainkan Permainan Gogorolongan Atau Rorodaan

0 106

Cara Memainkan Permainan Gogorolongan Atau Rorodaan

Gogorolongan adalah peralatan permainan tradisional. Terbuat dari kayu, bambu, atau sandal bekas, terutama sandal cakar. Caranya tidak begitu sulit dilakukan oleh anak-anak dan tentu saja dengan modal murah, cukup kemauan dan keterampilan saja.

Karena memudahkan, maka, mainan pertama ini jadi anak senang melakukannya. Gogorolongan dikatakan, karena mainan ini ngagorolong (bisa bergerak maju dengan menggunakan roda karena dorongnya.) Gambar sederhana, gogorolongan berbentuk seperti roda yang digerakkan.

Permainan tradisional indonesia khususnya jawa barat memiliki keberagaman dan keunikan tersendiri. Setiap permainan mempunyai tata cara dan peraturan yang berbeda, atau peraturan itu dibuat sebagaimana hasil perundingan dari tiap pemain.

Permainan tradisional merupakan sebuah permainan yang sangat menyenangkan namun dibalik itu permainan tradisional memiliki nilai-nilai moral dan filosofis yang dapat dijadikan sebagai pandangan hidup. Seperti permainan tradisional rorodaan yang terdapat nilai kerja sama antara satu dengan yang lainnya.

Permainan tradisional rorodaan merupakan sebuah permainan khas jawa barat yang mungkin sudah tersebar di berbagai daerah di indonesia. Yang menjadi perbedaan antara permainan tradisional rorodaan khas jawa barat dan dengan permainan lainnya adalah telihat dari cara pembuatannya bentuk dari dudukan, stang, dan hiasan-hiasan lainnya.

Cara memainkan sebuah permainan tradisional rorodaan ini sangatlah mudah. Permainan ini hanya membutuhkan 2 (dua) orang dalam sekali permainan. 1 (satu) orang bertugas sebagai pendorong dan satunya lagi bertugas sebagai pengemudi.

Dan begitu seterusnya permainan ini dilakukan secara bergantian dan juga permainan ini bisa dijadikan sebagai kompetisi tim atau bisa dijadikan sebuah perlombaan di dalam rangka 17 agustus. Dan proses ataupun tata cara perlombaan itu adalah siapa saja yang melewati finish terlebih dahulu maka dialah pemenangnya.

Permainan tradisional rorodaan ini mengajarkan anak-anak untuk lebih saling menghargai dan juga bekerja sama bagaikan tim yang solid yang meskipun banyak sekali perbedaan yang ada namun mempunyai tujuan dan mecapai suatu tujuan. Karena dengan kerja sama kita bisa lebih mempunyai kekerabatan yang kuat dan juga mempunyai jiwa bersosialisasi yang baik.

Source https://kaulinansunda.com/ https://kaulinansunda.com/permainan-gogorolongan-atau-rorodaan-yang-bisa-dijadikan-sebuah-pertandingan-balapan-yang-asyik-dan-menyenangkan/
Comments
Loading...