Cara Memainkan Calung Jinjing

0 158

Cara Memainkan Calung Jinjing

Pengertian alat musik tradisional Calung asal Jawa Barat. Calung adalah alat musik yang hampir menyerupai angklung. Cara memainkannya dengan memukul batang dari ruas-ruas tabung bambu yang tersusun menurut tangga nada pentatonik (da-mi-na-ti-la). Jenis bambu untuk pembuatan calung kebanyakan terbuat dari jenis bambu hitam, namun ada pula calung yang dibuat dari awi bambu yang berwarna putih.

Calung jinjing berbentuk deretan bambu bernada yang disatukan dengan sebilah kecil bambu (paniir). Calung jinjing terdiri atas empat atau lima buah, seperti calung kingking (terdiri dari 12 tabung bambu), calung panepas (5 /3 dan 2 tabung bambu), calung jongjrong(5 /3 dan 2 tabung bambu), dan calung gonggong (2 tabung bambu). Kelengkapan calung dalam perkembangannya dewasa ini ada yang hanya menggunakan calung kingking satu buah, panempas dua buah dan calung gonggong satu buah, tanpa menggunakan calung jongjrong.

Cara memainkannya

Memainkannya dengan cara dipukul dengan tangan kanan memakai pemukul, dan tangan kiri menjinjing/memegang alat musik tersebut. Sedangkan teknik menabuhnya antar lain dimelodi, dikeleter, dikemprang, dikempyung, diraeh, dirincik, dirangkep (diracek), salancar, kotrek, dan solorok.

Source http://dunia-kesenian.blogspot.com/ http://dunia-kesenian.blogspot.com/2014/11/pengertian-alat-musik-calung.html
Comments
Loading...