budayajawa.id

Cara Bermain Bentengan: Permainan Tradisional dari Jakarta

0 15

Bentengan menjadi media anak untuk bersosialisasi karena permainan ini dimainkan secara bersama-sama. Permainan tradisional secara berkelompok dapat berpeluang mengembangkan kecerdasan interpersonal anak.

Permainan bentengan terdiri dari 2 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 4-6 pemain. Atau boleh juga dilakukan menyesuaikan jumlah anak yang ada, serta tempat yang digunakan. Permainan bentengah dilakukan dengan menjaga benteng yang diwujudkan berbentuk tonggak tiang kayu atau bambu, dapat juga menggunakan pohon hidup. Tonggak dijadikan sebagai basecamp masing-masing kelompok.
Peraturan pertandingan:

Permain bentengan yang keluar dari basecamp dianggap menyerbu terlebih dahulu. Pemain ini apabila dikejar oleh musuh dan tersentuh tangan oleh musuh dianggap tertangkap. Pemain yang tertangkap ditempatkan tawanan (tempat yang sudah ditentukan sebelum permainan dimulai, biasanya 2 meter sebelah kanan atau kiri dari basecamp).

Permainan bentengan ini adalah salah satu permainan tradisional yang semakin jarang dimainkan padahal mempunyai banyak manfaat,selain asyik, murah,menghibur juga bisa memberikan kebugaran jasmani bagi kita.

Source http://etnikom.com/permainan-tradisional-bentengan/ http://etnikom.com
Comments
Loading...