Calung Dalengket, Tontonan Rakyat Usai Musim Panen

0 131

Calung Dalengket, Tontonan Rakyat Usai Musim Panen

Selain budaya Betawi, kebudayaan Bekasi juga mendapat pengaruh dari kultur Sunda. Pengaruh kebudayaan yang identik dengan Propinsi Jawa barat tersebut dapat terlihat dalam salah satu kesenian tradisionalnya yang disebut Calung Dalengket.

Calung Dalengket pertama kali berkembang di Kecamatan Lemah Abang. Saat ini nama Lemah Abang memang sudah tidak terdaftar dalam peta administratif Kabupaten Bekasi. Kecamatan tersebut telah mengalami diubah namanya menjadi Cikarang Timur. Mulanya kesenian Calung Dalengket merupakan permainan anak-anak gembala. Mereka biasa memainkannya usai musim di sawah atau ladang. Saat ini, kesenian tersebut juga dimainkan oleh orang tua dan warga lain dari berbagai kalangan usia.

Calung Dalengket merupakan kesenian yang dimainkan secara berkelompok. Setiap kelompok terdiri atas 9 orang. Setiap anggota memainkan alat musik yang berbeda. Satu orang bertugas sebagai juru suling toleat. Demikian halnya dengan saron, kedemung, nenge, serta rebab yang juga dimainkan oleh satu orang. Sedangkan alat musik gong dimainkan oleh tiga orang. Sisanya, yaitu pemain kesembilan, bertugas sebagai pemain pengganti.

Saat ini Calung Dalengket dimainkan dengan sistem kompetisi. Acara yang digagas oleh Bapak Ahmad dan Bapak Endang ini dapat diikuti oleh semua warga baik laki-laki maupun perempuan. Meski berlabel kompetisi, lomba Calung Dalengket justru tidak memiliki wasit. Kemenangan peserta ditentukan oleh banyaknya penonton yang menyaksikan pertunjukan. Dalam acara tersebut peserta juga tidak dituntut menggunakan kostum tertentu. Mereka bebas menggunakan pakaian sehari-hari atau busana lain yang dapat menarik perhatian penonton.

Pentas Calung Dalengket biasa digelar setelah musim panen. Selain sebagai hiburan kegiatan tersebut juga dimaksudkan sebagai ungkapan rasa syukur atas karunia yang diberikan Tuhan. Bila ingin menyaksikan kegiatan tersebut secara langsung, silakan datang ke kecamatan Cikarang Timur. Bila datang dari Jakarta, Anda cukup mengikuti Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Setelah sampai Cikarang Tengah, belok kiri ke Jalan Raya Serang (Bekasi). Dengan menyusuri jalan tersebut Anda akan sampai di Jalan Tegal Danas yang mengarah ke Cikarang Timur.

Source http://jakarta.panduanwisata.id http://jakarta.panduanwisata.id/beyond-jakarta/bekasi/calung-dalengket-tontonan-rakyat-usai-musim-panen/
Comments
Loading...