Busana Tari Remo Tarian Asal Daerah Jombang

0 169

Busana Tari Remo Tarian Asal Daerah Jombang

Penjelasan Tari Remo Tarian yang berasal dari daerah jombang Jawa Timur. Tari ini merupakan salah satu jenis tarian yang biasa dipentaskan untuk penyambutan tamu besar. Jumlah penari dapat ditampilkan baik oleh satu atau lebih penari. Konon tarian ini diciptakan oleh seorang pengamen.

Busana

Busananya menggunakan berbagai macam gaya, di antaranya: Gaya Sawunggaling, Surabayan, Malangan, dan Jombangan. Terdapat pula busana yang khas dipakai bagi Tari Remo putri.

Busana gaya Surabayan

  1. Ikat kepala merah
  2. baju tanpa kancing yang berwarna hitam dengan gaya kerajaan pada abad ke-18
  3. Celana sebatas pertengahan betis yang dikait dengan jarum emas
  4. sarung batik Pesisiran yang menjuntai hingga ke lutut
  5. setagen yang diikat di pinggang
  6. serta keris menyelip di belakang.
  7. Memakai dua selendang, yang mana satu dipakai di pinggang dan yang lain disematkan di bahu.

Selain itu, terdapat pula gelang kaki berupa kumpulan lonceng yang dilingkarkan di pergelangan kaki.

Busana Gaya Sawunggaling

Gaya busana yang sama dengan gaya Surabayan perbedaannya pada penggunaan kaus putih berlengan panjang sebagai ganti dari baju hitam kerajaan.

Busana Gaya Malangan

Gaya busana juga sama dengan busana gaya Surabayan perbedaanya pada celananya yang panjang hingga menyentuh mata kaki serta tidak disemat dengan jarum.

Busana Gaya Jombangan

Busana gaya Jombangan pada dasarnya sama dengan gaya Sawunggaling. Perbedaannya adalah penari tidak menggunakan kaus tetapi menggunakan rompi.

Busana Remo Putri

Busana Remo putri berbeda dengan busana gaya yang lain. Penari memakai sanggul, memakai mekak hitam untuk menutup bagian dada, memakai rapak untuk menutup bagian pinggang sampai ke lutut, serta hanya menggunakan satu selendang saja yang disemat di bahu bahu.

Source http://dunia-kesenian.blogspot.com/ http://dunia-kesenian.blogspot.com/2014/10/tari-remo-tarian-asal-daerah-jombang.html
Comments
Loading...