budayajawa.id

Busana Pengantin Sunda Siger

0 28

Busana Pengantin Sunda Siger

Ada beberapa nama keraton dan kerajaan yang pernah berkuasa di tanah Pasundan. Di kemudian hari, kerajaan-kerajaan yang berkuasa ini yang turut memberi pengaruh pada gaya busana pengantin Sunda. Secara umum, ciri khas pengantin Sunda ada pada pemakaian hias sirih tumbal berbentuk wajik yang dipasang di antara kedua alis.

Serta hiasan godek berbentuk kembang turi. Meskipun begitu tidak semua ragam busana pengantin tampak serupa. Ada beberapa detail lain yang jika kita simak memiliki perbedaan yang mendasar. Berbeda dengan Sunda Puteri, pengantin wanita Sunda Siger memakai mahkota yang disebut Siger. Pemakaian mahkota Siger ini sekaligus menjadi tanda kebesaran kerajaan Sunda saat itu.

Untuk mempelai wanita, pengantin Sunda Puteri sama dengan pengantin Sunda Siger. Keduanya sama-sama mengenakan kebaya kartini dengan bawahan kain motif sidomukti, lereng eneng atau motif Garutan. Begitu pula dengan gaya sanggul yang sama-sama bergaya Puspasari.

Source http://mahligai-indonesia.com/ http://mahligai-indonesia.com/ragam-busana/ragam-inspirasi-busana-pengantin-adat-sunda-4916
Comments
Loading...