Busana Pengantin Sunda Putri

0 42

Busana Pengantin Sunda Putri

Ada beberapa nama keraton dan kerajaan yang pernah berkuasa di tanah Pasundan. Di kemudian hari, kerajaan-kerajaan yang berkuasa ini yang turut memberi pengaruh pada gaya busana pengantin Sunda. Secara umum, ciri khas pengantin Sunda ada pada pemakaian hias sirih tumbal berbentuk wajik yang dipasang di antara kedua alis. Serta hiasan godek berbentuk kembang turi. Meskipun begitu tidak semua ragam busana pengantin tampak serupa. Ada beberapa detail lain yang jika kita simak memiliki perbedaan yang mendasar.

Ciri khas tatanan rambut pengantin Sunda Putri berbentuk Puspasari. Keunikan sanggup Pusapasari ada pada bentuknya yang simetris dan bukan sanggul tempel. Rambut asli sang mempelai akan dibuat dengan menggulung secara melingkar.

Kemudian tidak lupa dihias dengan roncean bunga melati yang dipasang di sanggul maupun menjuntai ke dada, serta disematkan perhiasan berupa kembang goyang atau cenduk mentul, dan tiara. Sementara sang mempelai pria Pengantin Sunda Putri mengenakan jas buka Prangwedana berwarna senada dengan pengantin wanita.

Demikian pula dengan kain batik yang dikenakan pengantin pria, disesuaikan dengan kain pengantin wanita. Sebagai penutup kepala dipakaikan bendo (semacam blangkon pada pria pengantin jawa) yang berhiaskan permata. Lalu tak lupa keris yang disisipkan di pinggang sebagai simbol perlindungan dan lambang kegagahan.

Source http://mahligai-indonesia.com/ http://mahligai-indonesia.com/ragam-busana/ragam-inspirasi-busana-pengantin-adat-sunda-4916

Leave A Reply

Your email address will not be published.