Busana Pengantin Santana Inten Kedaton

0 89

Busana Pengantin Santana Inten Kedaton

Ada beberapa nama keraton dan kerajaan yang pernah berkuasa di tanah Pasundan. Di kemudian hari, kerajaan-kerajaan yang berkuasa ini yang turut memberi pengaruh pada gaya busana pengantin Sunda. Secara umum, ciri khas pengantin Sunda ada pada pemakaian hias sirih tumbal berbentuk wajik yang dipasang di antara kedua alis, serta hiasan godek berbentuk kembang turi. Meskipun begitu tidak semua ragam busana pengantin tampak serupa. Ada beberapa detail lain yang jika kita simak memiliki perbedaan yang mendasar.

Gaya khas busana pengantin ini ada pada umumnya dipakai oleh masyarakat Ciamis. Busana pengantin Santana Inten Kedaton merupakan replika busana bangsawan kerajaan Galuh dengan ciri khas warna bungur atau ungu berhias payet manik keemasan.

Pada bagian pundak dan dada ditutup dengan hiasan berbentuk teratai warna keemasan yang terkesan agung dan mewah, lengan atas mengenakan hiasan kilat bahu, sementara pinggang berhiaskan pending keemasan. Sedangkan pada hiasan kepala berupa Siger Ratu Haur Kuning serta ronce melati yang menjuntai hingga pinggdang.

Sikap kerajaan Galuh yang menolak dominasi kerajaan jawa terlihat pada gaya busana. Mereka tidak memakai kebaya kartini, tetapi kebaya Sunda yang khas dengan potongan coak leher dan tanpa lidah serta selalu memakai kain Sunda.

Source http://mahligai-indonesia.com/ http://mahligai-indonesia.com/ragam-busana/ragam-inspirasi-busana-pengantin-adat-sunda-4916
Comments
Loading...