Busana Dan Musik Tari Serimpi

0 124

Busana Dan Musik Tari Serimpi

Indonesia memiliki keanekaragaman seni dan budaya yang memukau. Salah satu yang paling populer adalah seni tari. Seni tari sendiri merupakan salah satu cabang seni yang memanfaatkan gerak tubuh secara berirama dengan diiringi musik. Begitu banyak tarian di Indonesia yang bisa memanjakan mata kita. Salah satu tari yang sering disebut namanya adalah tari serimpi.

Tari serimpi merupakan salah satu jenis tarian yang berasal dari Jogjakarta dan Surakarta. Konon, tarian ini merupakan bentuk penyajian tari Jawa klasik dari tradisi Kraton Kesultanan Mataram yang kemudian dikembangkan hingga sekarang.

Selain gerakannya yang gemulai dan lemah lembut, penari serimpi ini juga terlihat cantik dan anggun dengan dandanan khas Jawa dan busana yang dikenakannya. Pada zaman dahulu, busana yang digunakan berupa pakaian pengantin putri Yogyakarta. Namun seiring berjalannya waktu, busana yang digunakan oleh penari adalah baju tanpa lengan pada bagian atas dan kain jarik atau kain batik bermotif untuk bagian bawah.

Di bagian kepala, penari didandani dengan gelungan yang dihiasi bunga serta hiasan kepala berupa bulu burung kasuari. Tidak hanya itu, untuk mempercantik penampilan, ditambahkan pula beberapa aksesoris seperti gelang, kalung dan anting. Dan yang tidak kalah penting yaitu selendang yang diikatkan di pinggang serta keris yang diselipkan di bagian depan menyilang ke kiri.

Selain busana dan aksesoris, tari serimpi diiringi dengan gamelan khas Yogyakarta. Ketika penari keluar dan masuk, penari akan diiringi dengn gendhing sabrangan. Kemudian dilanjutkan dengan gendhing ageng atau gendhing tengahan dan gendhing ladrang. Pada saat adegan perang, penari akan diiringi ayak-ayakan dan srebengan.

Source https://www.romadecade.org/ https://www.romadecade.org/tari-serimpi/#!
Comments
Loading...