Burok, Kesenian Cirebon Khas Pantura

0 163

Kesenian Burok Cirebon adalah salah satu kesenian pagelaran, khususnya daerah pantura perbatasan sisi barat Jawa Tengah sampai pantura Jawa Barat sekitar kabupaten Brebes, Cirebon dan Indramayu.

Pementasan Burok

Burok khas Cirebon dibuat dengan rupa wajah wanita cantik dan dipakaikan kerudung. Mungkin karena dulunya digunakan untuk kebutuhan dakwah, kepala burok dipakaikan kerudung. Ciri khas Seni Burok Cirebon adalah musik pengiringnya, yaitu musik Tarling Dangdut. Dengan iringan musik khas pantura ini, burok berlenggak-lenggok mengikuti irama.

Seni Burok kini tidak hanya menampilkan burok, tapi juga rupa-rupa binatang lain sebagai pengiring burok. Binatang-binatang lain ini menjadi daya tarik dan keunikan tiap-tiap kelompok kesenian burok. Jaman dahulu, Singa Gotong atau Singa Barong merupakan seni pertunjukan yang terpisah dengan Seni Burok. Kini, segala jenis binatang bahkan rupa-rupa “dedemit” ramai-ramai mengiringi burok.

Umumnya, pengantin khitan dipakaikan busana seperti tokoh wayang. Tunggangannya bebas dipilih pengantin khitan. Kuda dipilih bisa jadi karena relatif lebih aman dinaiki. Kuda didesain seperti Singa Gotong, ada pegangan tangan dan pijakan kaki. Selain singa dan kuda, ada pula burung yang mengiringi burok. Biasanya, tunggangan yang lain ini dinaiki oleh saudara-saudara pengantin khitan. Sosok laki-laki berseragam hijau kerap kali kita temui di acara-acara di perkampungan. Itulah Hansip atau pertahanan sipil. Di beberapa tempat, seragamnya berubah menjadi bercorak loreng. Dalam arak-arakan burok ini, biasanya ada dua sampai tiga orang hansip yang mengawal.

Asal Mula Kesenian Burok

Kesenian Burok khas Cirebon pertama kali di perkenalkan oleh Kanjeng Sunan Kalijaga untuk mengajak masyarakat kumpul-kumpul sekalian untuk memberikan dakwah agama Islam. Kesenian Burok Cirebon adalah sarana pembuka untuk saling bersilaturahmi. Dalam mitologi, Burok memiliki kemampuan terbang ke langit ketujuh. Pada mulanya, terdapat ritual memandikan topeng selain juga ritual penari burok, sesajen, dan penentuan hari dalam upacara kesuburan ataupun penolak bala.

Source Burok, Kesenian Cirebon Khas Pantura Burok, Kesenian Cirebon Khas Pantura Burok, Kesenian Cirebon Khas Pantura

Leave A Reply

Your email address will not be published.