Bunga yang Dianggap Sebagai Makanan Mahluk Halus dalam Budaya Jawa

0 97

Bunga yang Dianggap Sebagai Makanan Mahluk Halus dalam Budaya Jawa

Meskipun di era yang modern seperti sekarang ini, ternyata praktik supranatural yang berhubungan dengan makhluk halus masih tumbuh subur di kalangan masyarakat tidak hanya di pedesaan, juga di perkotaan. Praktik ini dianggap lumrah dan di jadikan sebagai salah satu bagian dari budaya. Beberapa kalangan tentu tidak setuju dengan argumentasi yang seperti ini. Dalam praktiknya, para dukun akan menggunakan beberapa bunga sebagai makanan mahluk halus yang tentu saja akan membantu mereka untuk menjalankan misi mereka.

Bunga Kantil

Bunga kantil. Ya, bunga yang satu ini tentu saja merupakan bunga yang sudah sangat familiar di kalangan dukun dan para penggemar metafisika lainnya. Bunga yang satu ini sangat di percaya memiliki unsur magis yang begitu kuat. Meskipun sedang tidak berada dalam ritual supranatural, bunga ini tetap tidak kehilangan daya magisnya dan beberapa masyarakat-pun nampak ngeri untuk melihatnya.

Ada beberapa keterangan yang mengatakan bahwa bunga kantil adalah salah satu bunga yang sangat di sukai oleh kuntilanak. Berdasar mitos yang berkembang di masyarakat, bunga yang satu ini akan membuat kuntilanak merasa senang dan nyaman hingga membuat rumahnya di sebuah pohon kantil yang ia suka. Tidak hanya kuntilanak, aroma kantil juga di percaya dapat memanggil golongan jin. Tentu, hal ini juga di barengi dengan pemberian sesaji lain. Nampaknya tepat untuk menyebut kantil sebagai bunga mahluk halus.

Bunga Melati

Bunga kedua yang di anggap sebagai makanan mahluk halus berdasar mitos dari masyarakat adalah bunga melati. Dalam mitologi Jawa, melati merupakan salah satu bunga kesukaan Nyi Roro Kidul -si penguasa laut selatan. Aroma bunga ini begitu pekat dan menyeramkan. Banyak cerita beredar bahwa jika seorang tercium aroma bunga ini, maka ia sedang di datangi oleh jin dengan level yang cukup tinggi, seperti ratu atau panglima.

Di sadari atau tidak, melati memang merupakan bunga yang kadung terkenal di jagad masyarakat Indonesia pada umumnya. Tidak hanya dalam ritual gaib, bunga melati juga sering di gunakan dalam beragam ritual lainnya, seperti dalam upacara perkawinan dan upacara tradisi lainnya. Meskipun bunga ini beraroma mistis, namun nampaknya masyarakat sudah begitu familiar dengannya.

Bunga Sedap Malam
Seperti namanya, bunga ini cukup tersohor karena memiliki aroma yang memikat terutama pada saat malam hari. Nah, karena mitos seperti inilah, bunga yang satu ini juga di anggap sebagai bunga mahluk halus. Banyak cerita berkembang di masyarakat bahwa bunga ini memiliki kemampuan khusus, yakni bisa menangkal sihir dan juga santet. Tidak di mengerti kenapa cerita tersebut begitu meluas di kalangan masyarakat. Selain itu, bunga ini juga sering di kaitkan dengan upacara kematian dalam tradisi masyarakat.

Bunga Kamboja

Bunga terakhir yang dianggap sebagai makanan mahluk halus adalah bunga kamboja. Ini adalah salah satu bunga yang sudah cukup di kenal di kalangan masyarakat secara luas. Di percaya oleh masyarakat, bunga yang satu ini memiliki daya magis yang begitu kuat sehingga di percaya bisa memanggil hantu. Selain itu, dalam prakteknya, bunga ini memang sering di gunakan dalam beragam jenis upacara mistis yang melibatkan dukun untuk pemanggilan arwah. Di sisi lain, bunga kamboja sering di sebut sebagai bunga kuburan karena tanaman ini memang sering di tanam di area pemakaman oleh masyarakat.

Source Bunga yang Dianggap Sebagai Makanan Mahluk Halus dalam Budaya Jawa Tanahnusantara.com
Comments
Loading...