Buka Palang Pintu

0 228

Buka Palang Pintu

Palang Pintu atau acara buka palang pintu, merupakan salah satu acara dalam prosesi pernikahan adat Betawi. Jika dirunut dari awal, prosesi pernikahan dalam adat Betawi terdiri dari acara Ngedelengin, Nglamar, Bawa Tande Putus, Buka Palang Pintu, Akad Nikah, Acare Negor, dan Pulang Tige Ari.

Secara etimologi, Palang Pintu berasal dari dua kata, yaitu Palang dan Pintu, sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), palang memiliki arti kayu atau balok yang dipasang melintang pada pintu atau jalan. Sedangkan pintu adalah lubang atau papan untuk berjalan masuk atau keluar. Bila digabungkan, Palang Pintu berarti kayu atau balok yang dipasang melintang.

Sebelum rombongan mempelai cowok diterima masuk ke dalam rumah, ada prosesi yang namanya buka palang pintu. Keluarga mempelai cowok menjelaskan maksud kedatangan mereka dengan menggunakan pantun Betawi. Awalnya, keluarga mempelai cowok menjelaskan maksud kedatangan mereka dengan menggunakan pantun Betawi. Keluarga mempelai wanita juga menjawab dengan pantun, sehingga terjadilah berbalas pantun.

Awalnya masing-masing pihak saling bertukar salam dan mendoakan. Hingga pada akhirnya pelan-pelan kondisi memanas karena pihak mempelai cewek ingin menguji kesaktian serta kepandaian dari pihak pengantin lelaki dalam berilmu silat serta mengaji. Tujuannya, agar mempelai cowok mampu melindungi dan menjadi pemimpin agama buat keluarganya kelak.

Tujuannya, agar mempelai cowok mampu melindungi dan menjadi pemimpin agama buat keluarganya kelak. Usai prosesi buka palang pintu, mempelai cowok pun diterima keluarga mempelai wanita. Selanjutnya mereka melakukan prosesi ijab dan kabul dengan mengucap ikrar oleh mempelai pria di hadapan wali mempelai cewek. Sesudah besyarat, baru pintu bisa dibuka. Agar khidmat diiringi puja-puji terhadap Rasulullah Muhammad shallallaahu ‘alaihi wa sallam yaitu shalawat badar pengantin pria dipersilakan masuk oleh tukang rias.

Source Buka Palang Pintu kembang kelape
Comments
Loading...