Tari Bondan Tarian Tradisional Jawa Tengah

0 218

 Tari Bondan

Kostum yang digunakan untuk tarian ini adalah pakaian adat Jawa. Sedangkan musik yang digunakan adalah Gending. Tarian ini merupakan salah satu tarian tradisional dari Surakarta Jawa Tengah ,  Bernama Tari Bondan.

Tari Bondan adalah tarian tradisional yang menggambarkan tentang kasih sayang seorang ibu kepada anaknya. Tarian merupakan salah satu tarian tradisional yang berasal dari Surakarta, Jawa Tengah. Yang menjadi ciri khas dari Tari Bondan ini adalah properti yang di gunakan, yaitu payung kertas, kendil dan boneka bayi yang di gendong penari.

Menurut sejarahnya, Tari Bondan ini merupakan tarian yang wajib dimainkan oleh para kembang desa untuk menunjukkan jati dirinya. Dengan tarian ini maka akan terlihat bagaimana mereka saat menjadi seorang ibu dan mengasuh anak mereka. Sehingga sebagai wanita tidak hanya berparas cantik tapi juga harus bisa mengasuh, memberikan kasih sayang dan melindungi anaknya.

Tari Bondan memiliki 3 jenis tarian yaitu Tari Bondan Cindogo, Tari Bondan Mardisiwi dan Tari Bondan Pegunungan atau Tari Bondan Tani. Setiap jenis Tari Bondan memiliki ciri khas tersendiri, diantaranya adalah cerita dalam tarian, properti yang di gunakan, dan kostum yang di gunakan. Namun tetap tidak meninggalkan ciri aslinya yaitu tarian yang menggambarkan tentang kasih sayang seorang ibu kepada anaknya. Khusus untuk Tari Bondan Cindogo mengisahkan kasih sayang ibu pada anaknya, namun anak yang disayanginya tersebut telah meninggal. Bisa di katakan Tari Bondan cindogo lebih bernuansa sedih.

Dalam pertunjukannya, para penari Tari Bondan menari dengan menggendong boneka bayi dengan satu tangan, sementara tangan satunya memegang payung kertas. Dalam Tari Bondan ini umumnya memiliki makna yang tersirat pada setiap gerakannya. Satu adegan yang menjadi ciri khas adalah saat para penari menari di atas sebuah kendil. Pada adegan satu ini penari harus menjaga keseimbangan mereka di atas kendil.

Source Budaya Tari Bondan negeriku indonesia bhinika tunggal ika
Comments
Loading...