Budaya Masyarakat Reni Jaya Pamulang

0 110

Budaya Masyarakat Reni Jaya

Indonesia dengan wilayah yang luas memiliki budaya yang sangat beragam berdasarkan agama, ras maupun kelas sosial. Begitu pula di Reni Jaya, Tangerang Selatan. Tepatnya di RT 01 RW 14. Di tempat ini terdapat beberapa kebiasaan yang dijalani oleh masyarakat sekitar. Beberapa contohnya adalah seperti yang terurai di bawah ini:

Pernikahan

Bagi kami pernikahan bukan sekedar acara pribadi sebuah keluarga, namun acara bersama satu rukun tetangga. Agenda pertama sebuah pernikahan diawali dengan bapak – bapak dan pemuda yang berkumpul di rumah calon pengantin, lalu membentuk panitia acara pernikahan. Rapat ini akan terus berlanjut setidaknya 3 kali hingga hari-H pernikahan dilaksanakan. Setiap pertemuan rapat akan dipimpin oleh bapak ketua RT. Rapat-rapat tersebut membahas konsep pernikahan, penanggung jawab tiap bagian seperti hidangan yg akan tersaji, orang-orang penting yang akan hadir, pengisi acara, alokasi parkir dan segala hal terkait acara pernikahan.

Mendekati hari-H akan dilaksanakan syukuran pernikahan yang dihadiri tetangga sekitar calon pengantin. Di samping itu, ibu-ibu memegang peran dalam mengatur konsumsi baik saat rapat, syukuran dan acara pernikahan. Pelaksanaan acara inti pernikahan tidak hanya melibatkan bapak-bapak dan ibu-ibu, namun juga remaja dengan pembagian tugas masing-masing. Setelah pelaksanaan acara inti pernikahan akan dilaksanakan penutupan sekaligus pembubaran panitia yang terkadang juga disertai makan bersama RT.
Perayaan Hari Besar Islam (PHBI)

Pada hari idul fitri para warga terbiasa berkeliling untuk saling berkunjung ke rumah satu sama lain dan saling memohon maaf, tak hanya itu mereka pun saling berbagi dan mencicipi hidangan atau kue yang disajikan di beberapa rumah warga. Sedangkan pada hari idul adha akan dilaksanakan pemotongan hewan kurban dan dilanjutkan dengan acara makan-makan di lapangan RT. Hidangan yang mayoritas dari olahan daging kurban tersebut tidak lain tidak bukan dimasak oleh ibu-ibu.
17 Agustus-an

Peringatan hari kemerdekaan Indonesia selalu menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh semua lini usia. Para remaja akan disibukkan dengan persiapan untuk pelaksanaan pawai dan lomba-lomba 17 Agustus. Berbagai lomba ditujukan mulai dari balita, anak-ana, remaja, hingga ibu-ibu. Malam puncak pun akan digelar dengan isi acara peringatan hari kemerdekaan Indonesia, hiburan dan pembagian hadiah lomba.

Banyak perayaan lainnya yang dilakukan bersama-sama oleh para warga dimana tujuannya tidak lain tidak bukan adalah untuk menjaga silaturahmi dan mengukuhkan rasa yang terikat setelah sekian waktu disibkkan oleh pekerjaan dan kegiatan masing-masing warga.

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/Budaya-Masyarakat-Reni-Jaya/
Comments
Loading...