Budaya Makan Bersama Atau Botram Di Lingkungan Masyarakat Sunda

0 36

Budaya Makan Bersama Atau Botram Di Lingkungan Masyarakat Sunda

Makan bersama atau botram (dalam bahasa sunda) adalah kegiatan dimana sekelompok oraang berkumpul untuk makan bersama dalam suatu acara-acara tertentu. Acara botram dapat dilakukan dimana saja misalkan di tempat rekreasi, di taman atau di pantai. Botram dilakukan untuk mempererat tali persaudaraan, bersenang-senang dan menjaga rasa kekeluargaan. Acara botram biasanya dilaksanakan dalam rangka acara syukuran, selametan atau bahkan hanya sekedar untuk berkumpul bersama keluarga atau teman.

Ada salah satu acara botram yang rutin dilakukan setiap di daerah saya yaitu di daerah cijerah, yaitu dalam rangka memeringati HUT RI. Jadi, setiap tahun dalam memeringati HUT RI biasanya setelah diadakan lomba lomba untuk memeringati HUT RI tetangga tetangga di daerah saya biasanya pada malah minggu atau malam seninnya mereka keluar rumah menggelar tikar atau karpet di depan rumah mereka masing masing sebagai alas dan membawa masakan-masakan yang telah mereka buat untuk disantap bersama. Biasanya mereka saling bertukar makanan dan saling mengobrol satu sama lain. Setelah melaksanakan makan makan acar dilanjutkan dengan acara-acara hiburan dan pembagian hadiah bagi pemenang lomba-lomba yang dilaksanakan dalam memeringati HUT RI. Sebenarnya saya belum menemukan literatur yang membahas sejak kapan budaya botram ini dilakukan namun yang pasti budaya ini sudah dilakukan sejak nenek moyang saya dulu karena sejak saya lahir budaya botram ini sudah sangat sering dilakukan.

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/Budaya-Makan-Bersama-atau-Botram-di-Lingkungan-Masyarakat-Sunda/
Comments
Loading...