Buceng Kuat, Tradisi Orang Kediri

0 59

Buceng Kuat

Buceng kuat dalam tradisi orang Kediri biasanya untuk acara syukuran. Waktu pelaksanaannya sendiri masih menggunakan hitungan kalender Jawa. Biasanya dilaksanakan pada hari jumat pon, jumat kliwon, atau minggu kliwon. Buceng kuat mempunyai filosofi untuk mendekatkan diri kepada Allah dan tetap konsisten dalam beribadah. Buceng kuat memiliki 7 komponen yaitu, 1. Tumpeng buceng Nasi putih yang dibentuk gunung lancip dengan bagian atasnya dari ketan yang melambangkan tetap lekat dengan Allah. Ini karena sifay ketan yang lebih erat ketimbang nasi. Biasanya tumpeng ini tertutup setengah oleh daun pisang yang sudah dibentuk kerucut.

  1. Nasi golong Nasi golong merupakan nasi puith yang dibentuk genggaman. Jumlahnya 9 buah atau dan dihitung sesuai dengan jumlah hitungan hari buceng dilaksanakan. Mempunyai arti filosofi ‘nggolongne karep’ atau tujuan harus bulat dan dikehendaki sesuai aturan.
  2. Ayam ingkung Ayam ini dari ayam jago atau pejantan. Lebih bagus lagi, jika ayam yang dipilih merupakan ayam aduan yang menang. Ingkung ini biasanya dimasak bumbu kuning atau pedas. Arti filosofisnya adalah kekuatan. Hal ini dimaksudkan agar memiliki kekuatan/kampuan untuk kebaikan.
  3. Urap-urap Urap-urap ini terdiri atas sayur kangkung, kecambah, dan kacang panjang dengan bumbu kelapa muda parut. Urap-urap ini mempunyai maksud bahwa manusia ini beraneka ragam, hanya saja semuanya memiliki tugas yang sama, yaitu mengabdi pada Tuhan. Arti filosofis dari kangkung adalah Kangkung berarti jinangkung yang berarti melindung, tercapai. Kacang panjang melambangkan pemikiran inovatif. Sedangkan kecambah melambangkan tumbuh.
  4. Sambel goreng tahu dan kentang Biasanya dimasak merah, agak pedas. Sambel goreng ini mempunyai makna orang uang tahu, paham, dan mengerti ilmu, akan ditinggikan oleh Tuhan
  5. Jenang sengkolo Merupakan jenang dari beras, dengan dua warna, yaitu putih dan coklat. Kombinasi dari susunan penyajiannya benas asalkan mengandung 2 jenis jenang tadi. Mempunyai filosofi menyisihkan halangan menuju cita.
  6. Kembang telon Kembang telon ini mengandung 3 macam bunga: mawar, kanthil, dan melati, 6ang selanjutnya dironce dan dikalungkan pada buceng.

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/Buceng-Kuat/
Comments
Loading...