Boy-boyan Sunda

0 30

Boy-boyan

Permainan ini biasanya menggunakan pecaha genteng atau keramik dan bola kasti. Permainan ini membutuhkan 2 kelompok, diantaranya 1 kelompok adalah penjaga dan 1 kelompok lainnya merupakan penyerang.

cara bermainnya cukup mudah, seorang penyerang awalnya akan melempar bola kasti tersebut ke arah tumpukan genteng atau keramik yang telah disusun secara vertikal dengan jarak lempar kurang lebih 10m, setiap anggota kelompok penyerang dapat 1 giliran melempar bola, apabila seluruh anggota penyerang tidak dapat menjatuhkan tumpukan keramik, maka kelompok penyerang akan diubah menjadi kelompok penjaga dan juga sebaliknya, terus hingga tumpukan keramik itu terjatuh oleh penyerang.

Jika kelompok penyerang sudah berhasil menjatuhkan tumpukan, kini bola kasti beralih pegangan pada kelompok penjaga. Tugas kelompok penyerang adalah menyusun kembali seluruh tumpukan keramik keramik yang sudah berserakan jatuh saat dilempar bola sebelumnya. Sementara itu, kelompok penjaga bertugas melempar bola kasti tersebut ke arah anggota penyerang, dan apabila bola tersebut mengenai salah satu penyerang, maka penyerang tersebut harus keluar lapangan. dengan satu syarat, penyerang tidak boleh berlalari dengan membawa bola yang artinya pemegang bola hanya boleh meleparnya saja. Peraturan lainnya juga, kelompok penjaga tidak boleh menghancurkan tumpukan keramik yang sedang dibangun oleh anggota penyerang.

Source https://budaya-indonesia.or https://budaya-indonesia.org/boyboyan/
Comments
Loading...