Bombak, Alat Musik Tradisional Dari Lereng Gunung Slamet Pemalang

0 209

Di lereng Gunung Slamet Pemalang, tepatnya di Kecamatan Pulosari, terdapat satu alat musik yang berbeda dari daerah lain. Alat musik itu bernama Bombak. Bombak kerap dimainkan di acara yang digelar untuk memberikan hiburan musik kepada penonton.

Apa itu Bombak?

Alat musik tradisional yang terbuat dari bambu itu diciptakan Slamet, warga RT 008 RW 002 Desa Pulosari, Kecamatan Pulosari, Pemalang.

Slamet Cepet atau Slamet Demit, panggilan akrabnya, mengatakan, meski berbentuk sederhana, bombak dapat digunakan untuk mengiringi lagu bergenre apapun. Bombak bisa Menghasilkan berbagai macam suara. Bisa digunakan untuk mengiringi musik campursari, selawat, bersatu dengan gending Jawa dan lain- lain.

Bombak berupa bambu yang memanjang dengan satu lubang di sisi samping. Bentuknya hampir mirip seperti kendang. Cara memainkannya pun diketuk. Namun, bombak dipukul menggunakan stik atau tongkat bambu kecil.

Untuk menghasilkan nada berbeda- beda, Anda bisa memukulkan stik bambu kecil di bagian berbeda dari tubuh bambu. Suara yang mengalir dalam bambu akan keluar dari lubang di samping.

Source http://jateng.tribunnews.com http://jateng.tribunnews.com/2018/02/17/perkenalkan-bombak-alat-musik-tradisional-dari-lereng-gunung-slamet-pemalang?page=2
Comments
Loading...