Boi – Boian, Permainan Tradisional DKI Jakarta

0 201

Boi – Boian, Permainan Tradisional DKI Jakarta

Boi-boian adalah permainan tradisional Indonesia yang saat ini sudah jarang ditemui dan dimainkan oleh anak-anak pedesaan apalagi perkotaan. Permainan yang satu ini membutuhkan ketepatan dan kecepatan dalam memainkannya.

Sejarah Permainan

Permainan ini sudah ada sejak lama, tidak ada sumber yang mengatakan kepastian akan awal keberadaan permainan ini, yang pasti permainan ini menjadi permainan tradisional bangsa Indonesia.

Permainan ini biasanya dimainkan oleh anak-anak pedesaan di waktu sore setelah salat asar, dan dimainkan oleh anak laki-laki dan perempuan, permainan ini sebagai hiburan di waktu kosong.

Peraturan dan Cara Bermain

  1. Permainan ini dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 4-5 pemain.
  2. Permainan ini menggunakan alat pecahan genting yang nantinya akan disusun ke atas dengan jumlah 7-10 pecahan.
  3. Selain pecahan genting bola kasti juga menjadi alat dalam permainan ini, jika tidak ada biasa diakali dengan membuat bola yang terbuat dari kertas yang di buat seperti bentuk bola dan diikat dengan karet gelang.
  4. Tip pertama bertugas sebagai penyusun pecahan genting dan tim kedua bertugas sebagai penghancur genting dengan cara melemparkan bola kasti.
  5. Permainan berawal dari tim penghancur genting melemparkan bolanya ke arah susunan genting dengan cara di gelindingkan.
  6. Jika susunan genting hancur maka tim penyusun bertugas menyusun kembali genting, sambil menghindari bola yang terus dilemparkan ke arahnya.
  7. Jika pemain terkena bola maka gugur dan jika pemain dari tim penghancur tidak mengenai sasaran genting maka akan gugur juga.
  8. Permainan berakhir jika susunan genting kembali tersusun atau pemain yang berada di satu tim gugur semua.
  9. Setelah itu tugas kelompok ditukar atau bergantian.
Source https://budaya-indonesia.org/Boi-Boian-Indonesia/ https://budaya-indonesia.org/Boi-Boian-Indonesia/
Comments
Loading...