Boboko Logor Bogor

0 85

Boboko Logor

Boboko Logor merupakan salah satu seni tari yang diciptakan di sanggar EDAS Kota Bogor, Jawa Barat pada tahun 2014. Tarian Boboko Logor ini sangat unik dan berbeda dengan tarian lainnya karena tarian Boboko Logor menggunakan properti boboko nangkub atau bila diartikan ke dalam Bahasa Indonesia artinya sebagai tempat atau wadah nasi yang terbalik.

Properti yang berupa boboko atau wadah nasi tersebut digunakan di pinggang sang penari yang berukuran sangat besar sehingga terlihat seperti rok yang biasa digunakan wanita pada umumnya. Tarian Boboko Logor juga bercerita tentang tempat atau wadah nasi yang terbalik dan kosong yang menggambarkan krisis ekonomi yang dialami masyarakat.

Gerakan tari boboko logor masih sangat tradisional. Karena properti yang sangat besar gerakan tari boboko logor sangat terbatas sehingga lebih dominan gerakan tangan dan kepala. Untuk iringan musik pada tarian boboko logor, boboko logor masih diiringi alat musik tradisional sunda seperti angklung, gendang, kecapi, dan gong. Tarian Boboko Logor ini biasa dipentaskan pada acara-acara festival budaya sunda, dan acara-acara lainnya.

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/Boboko-Logor/
Comments
Loading...