Blarak – Blarak Sempal, Permainan Tradisional Klaten

0 171

Blarak – Blarak Sempal, Permainan Tradisional Klaten

Blarak-Blarak Sempal merupakan sebuah permainan tradisional . Dari arti katanya sendiri, Blarak berarti daun kelapa yang kering dan Sempal berarti patah sehingga arti keseluruhan dari Blarak-Blarak Sempal adalah daun kelapa yang patah. Meski demikian, peralatan yang digunakan adalah sabut kelapa.

Permainan ini biasa dilakukan berkelompok ( 2 kelompok ) dan dapat dimainkan oleh siapa saja tanpa pandang golongan maupun jenis kelamin baik laki-laki maupun perempuan yang pada umumnya sudah cukup kuat untuk mengangkat temannya mainnya sendiri.

Permainan ini dimulai dengan membagi tim/kelompok sama banyak setiap kelompok dapat beranggotakan 2-4 orang. Misal kelompok A dan Kelompok B masing-masing 2 orang. Lalu perwakilan dari masing-masing kelompok melakukan ‘suit’ untuk menentukan siapa yang menang dan yang kalah. Semisal kelompok A kalah, anggota kelompok A duduk dilantai dengan kaki diselonjorkan dimana telapak kaki seorang harus menempel dengan telapak kaki seorang lainnya (2 orang ini duduk berhadapan).

Lalu diantara tungkai kaki yang diselonjorkan tadi diberikan sabut kelapa. Kemudian kelompok menang, kelompok B, berdiri berhadapan sehingga posisinya seperti  membentuk tanda X dengan pemain dari Kelompok A. Selanjutnya masing-masing pemain kelompok A, memegang tangan kanan dan kiri pemain kelompok B. Permainan pun dimulai , sambil menyanyikan lagu Blarak-Blarak Sempal , pemain yang duduk ( A), menarik tangan pemain yang berdiri ( B ) sehingga terangkat sedikit dari tanah. Lalu pemain yang berdiri ( kelompok B ) bergerak, memutar pemain kelompok A tadi. Ketika pegangannya terlepas atau  pemain kelompok A kembali terduduk, terjadi pergantian pemain dan seterusnya.

Permainan ini biasa dilakukan untuk mengisi waktu luang di sore hari. Untuk mempererat persaudaraan maupun melepas penat. Hingga saat ini permainan ini tidak banyak mengalami perubahan namun sudah tidak eksis lagi dimainkan dikalangan anak-anak  sekarang . Sehingga penting bagi kita , generasi muda, mulai menghidupkan kembali permainan-permainan tradisional seperti ini.

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/Blarak-Blarak-Sempal/
Comments
Loading...