Berbagai Pantangan Ketika Hamil Yang Ada di Jawa

0 280

Berbagai Pantangan Ketika Hamil Yang Ada di Jawa

Pantangan yang berada di wilayah Jawa sangatlah beragam, mulai dari adatnya, pakaiannya, tradisi hingga larangan bagi ibu yang sedang mengandung. Larangan bagi hal tersebut di antaranya ialah :

Makan Jantung Pisang
Ibu hamil dalam adat Jawa dilarang mengkonsumsi olahan makanan yang berbahan yang satu ini, karena dikhawatirkan janinnya akan menyusut ukurannya seiring berjalannya waktu. Sama seperti jantung pisang. Walaupun jantung pisang ini sangat enak bila di masak sayur, akan tetapi di jawa ibu yang sedang hamil dilarang memakan jantung pisang.
Pantangan Makan Udang dan Kepiting
Makanan laut tersebut mengandung merkuri dan juga persalinan akan terhambat. Pantangan ibu hamil dalam adat Jawa yang satu ini cukup bisa dibuktikan dalam dunia medis, mengingat berbagai jenis masakan laut memang seringkali mengandung logam berat merkuri sehingga cukup berisiko bagi kehamilan.
Mengkonsumsi ikan lele

Dari sisi medis tentu ini adalah pantangan yang keliru. Ikan lele justru merupakan sumber protein yang baik bagi ibu hamil dalam menyediakan gizi untuk kesehatan dan pertumbuhan janinnya. Anggapan orang Jawa tersebut ialah di khawatirkan kepala sang bayi dapat membesar seperti ikan lele pada waktu persalinannya nanti.

Pantangan Menginjak Kotoran Hewan

Ibu hamil dalam pantangan adat Jawa dilarang menginjak kotoran hewan-hewan ternak seperti kotoran sapi, kerbau, kambing, dan ayam. Secara medis pantangan ini ada benarnya, mengingat kotoran hewan sering kali mengandung bakteri atau patogen penyakit serius seperti bakteri toksoplasma yang dapat menyebabkan keguguran. Sehingga di anjurkan bagi ibu hamil selalu menjaga kebersihan.

Menutup Lubang

Dalam adat Jawa, seorang yang tengah hamil dilarang menutup lubang, lubang apapun itu. Lubang sumur, lubang ember, lubang apapun pantang ditutup oleh ibu hamil bagaimana pun alasannya.

Source Berbagai Pantangan Yang Ada Di Jawa ibu hamil
Comments
Loading...