Berbagai Macam dan Makna Busana Jawa

0 354

Berbagai Macam Makna Busana Jawa

Berbagai macam busana Jawa diantaranya yaitu :

1.Timang

Lambang bahwa ilmu yang ditempuh harus dipahami dengan jelas  dan  gamblang, agar tidak gamang atau menimbulkan rasa kuatir atau risau biasa disebut dengan Timang.

2. Jarik

Kain panjang yang dikenakan untuk menutupi tubuh sepanjang kaki disebut dengan jarik. Jangan mudah iri terhadap orang lain, karena iri hati hanya akan menimbulkan rasa emosional, grusa – grusu dalam menanggapi segala masalah. Itulah arti dari Jarik atau Serik

3. Wiru

Busana yang satu ini disebut dengan wiru. Wiru atau wiron bisa terjadi dengan cara melipat – lipat ujung jari sehingga berwujud wiru. Wiru artinya wiwiren aja nganti kleru. Hal ini  menumbuhkan rasa menyenangkan dan harmonis sehingga  sampai menimbulkan kekeliruan dan disharmoni.

4. Bebed

Bebed adalah kain atau jarik yang dikenakan laki – laki. Bebed artinya manusia harus ubed yakni tekun dan  rajin dalam bekerja mencari rezeki.

5. Canela

Canela sama dengan selop,cripu atau sandal. Canela dikenakan di kaki dengan maksud agar kita selalu menyembah lahir dan batin.

5. Curiga  Dan Rangka

Bilahan adalah wujud dari Curiga. Bilangan ini  terdapat di dalam warangka atau wadah nya. Curiga dan warangka adalah pralambang bahwa manusia sebagai ciptaan menyembah Tuhan sebagai penciptanya dalam sebuah hubungan kawula jumbuhing Gusti atau dengan sang pencipta.

Dalam menyembah yang Maha Kuasa hendaknya manusia bisa ngungkurake godhaning Syetan, Oleh karena itu Curigan ini diletakkan di bagian belakang.

Source Berbagai Macam Makna Busana Jawa fandom
Comments
Loading...